Keunggulan dan Ciri-Ciri Kambing Etawa Senduro

Kambing etawa senduro merupakan kambing yang berasal dari sebuah desa yang kita kenal dengan nama desa senduro. Sebuah desa yang berlokasi di dekat gunung simeru, kabupateng lumajang, Jawa Timur. Pada waktu, tahun 1940an,  Kambing Jamnapari ras dari etwah, Uttar Prades dibawa oleh Presiden Pertama RI, kemudian sekitar tahun 1947, kambing ini dikawin silangkan dengan kambing lokal lumajang (kambing menggolo), kambing menggolo mempunyai ukuran yang lebih bear dari kambing kacang, maka hasil persilangan ini kita sebut dengan kambing etawa Senduro.

kambing-etawa-senduro

Ciri ciri kambing etawa senduro

  • Mempunyai corak warna yang utama adalah warna putih.
  • Jarang mempunyai tanduk, oleh karena itu disebut etawa gundul senduro.
  • Mempunyai kuping, panjang, lemas, terpilin sampai 50 cm.
  • Mempunyai postur panjang, tinggi dan lebih tebal, tingi untuk jantan dapat mencapai 120 cm untuk jantan.

Kambing etawa senduro atau yang biasa kita ketahui dengan nama etsen adalah salah satu jenis kambing etawa di Nusantara, selain kambing kambing jenis kaligesing  Kambing etawa senduro sangat terkenal di pasar hewan kambing di Pulau Jawa dan  Malaysia.

Berikut ini merupakan keunggulan dari Kambing Etawa Senduro.

  1. Kambing Etawa Jenis Senduro memiliki ketebalan tubuh, ini dapat kita liat dari arah depan dan dada kambing. Jadi tidak hanya dengan bulunya aja yang tebal.
  2. Kambing ini mempunyai ukuran postur tubuh yang bagus, tinggi dan panjang,
  3. Kambing etawa ras senduro mempunyai bentuk ambing seperti layaknya ambing sapi. Tetapi kambing ini memiliki ciri khusus  ambing yaitu kantong kapur. Kantong kanpur membuat ketahanan yang kuat dan menghasilkan susu yang maksimal saat diperah. Berbeda dengan kambing yang mempunyai ambing botol. Kantong Kanpur juga dimiliki oleh kambing seanen, ini alasan beberapa peternak yang memelihar kambing seanen yang memilki kantong konpur yang besar.
  4. Kambing jenis senduro ini mempunyai harga yang normal untuk kita ternakkan seusuai dengan besarnya kambing tersebut. Berbeda dengan kambing jenis lain, misalnya kambing ras kaligesing, harganya bisa selangit, yang banyak ditentukan oleh nila estetika atau seni kambing tersebut misalnya, bentuk kepala, bentuk telinga, panjang telinga, lebatnya bulu, warna kepaa, dll.
  5. Bisa menghasilkan bibit yang unggul. Bentuk dan ketebalan tubuh adalah keunggulan dari kambing etawa senduro.
  6. Cara memelihara hampir sama dengan ternak kambing lainnya.

Selain memiliki keunggulan diatas, memelihara dan menternakkan kambing ini juga memiliki keuntungan sebagai berikut:

  1. Memudah kita dalam memilih kambing.

          Kambing etawa senduro tidak dibagi dengan berbagai criteria semacam kelas A, B,C, D. Pemagian kelas ini tentunya sangat  membingungkan kita sebagai ternak yang awam.  Kadang kadang kambing kelas C bentuk tubuhnya lebih besar dari kelas B, namun harga kelas B lebih mahal dari  kelas C, kareni diliat dari faktor estetika dari kambing. Tentunya hal ini tidak masuk akal bagi peternak yang berfokus pada kambing pedaging dan menghasilkan susu.

  1. Biaya usaha diawal tidak mahal. Kita jika memiliki modal yang agak kecil, kita sudah mampu memiiki kambing etawa senduro dengan kualitas yang baik dan unggul untuk kita ternakkan sebagai kambing pedaging dan penghasil susu.
  1. Kita dapat dengan udah menjual kambing etawa, karena harga kambing ini lebih masuk akal. Kita menjualnya untuk kebutuhan konsumen, atau kambing kurban.
  2. Ketebalan daging dan postur kambing etawa senduro, mempunyai keuntungan tersendiri, Dan bentuk ambing yang ideal akan mengahasilkan susu kambing yang maksimal.
  3. Kambing betina etawa senduro ini mempunyai dua manfaat yaitu menghasilkan susu kambing dan sekaligus sebagai kambing pedaging.
  4. Dapat menghasilkan keturunan yang unggul jika dikawin silang dengan kambing lain, sehingga akan menghasilkan kambing yang unggil juga.
  5. Dapat mengurangi resiko, jika segai peternak, resiko dalam usaha pasti selalu ada, untuk kambing bisa terjadi kematian. Misalnya jika kambing etawa yang mahal dan mati, maka peternak akan mengalami kerugian yang sangat banyak. Tetapi jika kambing etawa yang mempunyai harga yang masuk akal, maka peternak tidak akan mengalami kerugian yang begitu besar jika kambing etawa senduro miliknya mati.

About admin

Check Also

Pemanfaatan Rumput Ruzi Sebagai Pakan Ternak-1

Pemanfaatan Rumput Ruzi Sebagai Pakan Ternak

Pemanfaatan Rumput Ruzi Sebagai Pakan Ternak Rumput Brachiaria merupakan salah satu rumput padang penggembalaan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *