Azolla Sebagai Pakan Alternatif Kambing

Azolla Sebagai Pakan Alternatif Kambing

Pasar kambing saat ini sangat menjanjikan. Di samping kebutuhan akan daging kambing yang tinggi, juga karena harga jual yang kian melambung. Sehingga diharapkan pasokan hewan kambing selalu mencukupi kebutuhan secara nasional.

Hal ini jika merujuk pada para peternak kambing, maka secara operasional mereka perlu meningkatkan kualitas di samping kuantitas. Dengan harga jual yang tinggi, tidak mungkin didapat dari kualitas hewan ternak kambing yang biasa. Hewan ternak kambing yang dijual pun harus berkualitas tinggi.

Azolla Sebagai Pakan Alternatif Kambing

Kualitas yang baik pada hewan kambing yang siap jual yang utama adalah bila berat kambing sudah mencapai maksimal (tidak bisa bertambah gemuk lagi) dengan kisaran usiai deal 1 hingga 1,5 tahun. Dalam kondisi seperti ini, nilai jual kambing pun akan tinggi.

Oleh karena itu, penting bagi para peternak kambing untuk mendapatkan pengetahuan pakan – pakan alternatif buat kambing agar gemuk dengan cepat.

Sepertihalnya ternak jenis hewan lain, pemilihan bibit, cara pemeliharaan, kebersihan kandang juga menjadi penentu kesuksesan meningkatkan maupun menjaga kualitas hewan ternak. Tidak terkecuali pakan yang diberikan pada hewan ternak juga harus mengandung gizi yang baik agar target panen bisa terpenuhi.

Selain asupan pakan yang biasa dimakan kambing, seperti rerumputan, daun-daun hijau, ini mungkin akan mudah saja bagi peternak yang di desa, bagai mana dengan peternak yang di kota. Terlebih saat musim kemarau tiba, bahkan yang di desa pun akan kesulitan. Untuk menyiasati kendala semacam itu, sebenarnya Anda sendiri bisa membuat pakan alternatif untuk kambing. Pakan alternatif yang bisa Anda jadikan solusi saat keter sediaan pakan kambing di musim kemarau.

Pembuatan pakan alternatif kambing bisa dengan memanfaatkan azolla. Tanaman ini adalah sejenis tanaman paku yang tumbuh mengapung pada permukaan air yang tergenang. Azolla memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dari pada tanaman hijau lainnya. Teksturnya yang mudah dicerna pun akan memudahkan kambing untuk menyerap nutrisi yang terkandung dalam azolla. bahkan selain pada kambing azolla juga bisa digunakan sebagai pakan ikan, dan pakan ayam petelur

Azolla ini bisa Anda panen sepanjang tahun, sehingga bisa menjadi solusi tepat untuk ketersediaan pakan ternak kambing Anda setiap saat. Cara membuat pakan alternatif untuk ternak kambing bisa diambil azolla yang segar lalu dicampur dengan dedak. Namun bisa juga dengan cara fermentasi azolla.

Cara membuat pakan alternatif untuk kambing dengan cara fermentasi juga menguntungkan, karena terbukti oleh sejumlah peternak di Solo Jawa Tengah, mereka mendapati ternak kambing mereka cepat sekali gemuknya. azolla segar sudah dapat di manfaat kan sebagai pakan bahkan proteinnya telah mencapaui 24 % dan akan lebi optimal dan lebih awet jika diproses fermentasi.

Berikut adalah cara buat pakan alternatif untuk kambing dengan metode fermentasi :

  • Langkah pertama azolla yang segar direndam dalam bak berisi air, lalu cuci untuk menghilangkan lumpurnya Setelah bersih lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan.
  • Langkah kedua yaitu menyemprot azolla secara merata dengan bakteri pengurai atau probiotik pengurai yang bisa Andabeli dari toko-toko pertanian danpeternakan .Pastikan seluruh azolla tersemprot merata
  • Langkah ketiga adalah simpan azolla pada wadah tertutup, bisa juga menggunakan plastik yang besar. Lalubiarkan Azolla dalam keadaan tertutup hingga kurang lebih 7 hari lamanya
  • Langkah terakhir adalah memanfaatkan hasil fermentasi azolla dan mencampurkannya dengan pakan ternak kambing, seperti dedak, jerami, atau dedaunan hijau lainnya.

pemberian Azolla ini dimaksudkan untuk memenuhigizi protein pada pakan kambing yang tidak dimiliki oleh tumbuhan hijau lainnya. Dengan metode fermentasi, pakan alternatif azolla pun bisa disimpan dalam waktu yang lama.

waktu anda bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lainnya dan tidak terkonsentrasi untuk mencari rumput pakan kambing. Azolla pilihan yang tepat, bukan?

Semoga Artikel Azolla  Sebagai Pakan Alternatif Kambing, Bermanfaat

About admin

Check Also

Cara Murah Beternak Kambing

Cara Murah Beternak Kambing Dan Domba

Cara Murah Beternak Kambing Dan Domba : Belajar Beternak Dari Pengalaman Peternak Lain Anda kemungkinan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *