Sorgum Untuk Pakan Ternak

Sorgum adalah genus yang terdiri dari 20 jenis rumputan, asal usul sorgom berasal dari wilayah tropis sampai subtropics di Afrika Timur, dengan salah satu jenisnya berasal dari Negara meksiko. Sorgum ditanam dan dikembangkan di Eropa Selatan, Amerika Tengah, dan Asia Selatan. Sorgum adalah tanaman dari family Poaceae dan marga Sorghum. Dari sekitar 32 spesies, yang paling banyak dibudidayakan yaitu jenis Sorghum bicolor (japonicum). Oleh masyarakat di Jawa disebut dengan  nama “Cantel”, sorgom ini satu family dengan tanaman lainnya seperti padi, jagung, gandum, dan tanaman lainnya seperti tebu.

Tanaman sorgum adalah tanaman serealia yang mempunyai nilai nutris yang tinggi, seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor. Disamping bisa digunakan untuk mengganti sebagai sumber pangan. Sorgum bisa digunakan sebagai bahan baku industri kertas, sebagai bahan baku media jamur merang, dan tentunya sorgum untuk pakan ternak

sorgum-untuk-pakan-ternak

Jenis sorgum untuk pakan ternak, bisamerupakan hijauan yang telah dipotong potong ataupun yang sudah diawetkan dalam silase atau hay. Tanaman surgum ini memiliki nilai protein dan menghasilkan hijauan yang hampir sama dengan tanaman jagung. Bedasarkan penelitian, syarat lahan yang cocok untuk pertumbuhan yang optimal untuk menanam sorgum adalah suhu 23-30 derajat celcius, kelembaban relative 20%-40%, suhu tanah lebih kuruang 25 derajat celcius,  ketinggian lebih kurang 800 meter dibawah permukaan laut(dpl), curah hujan 375 – 425 /th, derajat keasaman pH 5,0 – 7,5.

Untuk menaman tanaman sorgum kita usahakan jangan kita tanam di tanah podzolik merah kuning yang masam, tapi untuk mendapatkan pertumbuhan dan produksi yang maksimal kita perlu memilih tanah yang mengandung pasir dan bahan organic yang cukup.

Syarat Tumbuh Tanaman Sorgum

Tanamamn sorgum bisa tumbuh dengan baik meskioun ditanam pada lahan atau tanah yang kurang subur, air yang terbatas, dengang intesitas hujan yang rendah, dan musim kemarau yang panjang.

Sorgum mempunyai  tinggi rata-rata 2,6 sampai 6 meter, tanamannya sangat mirip dengan jagung, tidak mempunyai cambium Jenis sorgum manis memiliki cambium.  Untuk jenis sorgum manis mempunyai kandungan yang tinggi pada batang gabusnya, sehingga sangat potensial untuk dijadikan sumber bahan baku gula, seperti halnya tebu. Daunnya sorgum mempunyai bentuk lurus dan panjang, biji sorgum bulat dan ujungnya mengerucut, dengan diameter lebih kurang 2mm. Satu tanaman memiliki satu tangkai buah yang mempunyai beberapa cabang buah.

Kandungan nutrisi dari 100 g sorgum  dibanding bahan pangan lainnya.

Bahan Pangan Kalori (kal) Protein (g) Lemak (g) Karbohidrat (%) Air (%) Serat (mg) Ca (mg) P (mg) Fe (mg)
Sorgum 332 11 3,30 73 11,20 2,30 28 287 4,40
Beras 360 7 0,70 79 9,80 1 6 147 0,80
Jagung 361 9 4,50 72 13,50 2,70 9 380 4,60
Kentang 83 2 0,10 19 11 56 0,70
Ubi kayu 157 1,20 0,30 35 63 33 40 0,70
Ubi jalar 123 1,80 0,70 28 30 49 0,70
Terigu 365 8,90 1,30 77 16 106 1,20

Sedangkan pada bagian vegetatifnya (akar, batang, dan daun) sorgum mempunyai nilai protein kasar (PK) 12,8%, oleh karena itu bisa ditanam atau dibudidayakannya sorgum untuk pakan ternak, terutama ternak ruminansia pada saat musim kemarau. Sorgum untuk pakan ternak ruminasia, sorgum biasa digunakan untuk pakan sapi perah dan sapi untuk digemukkan. Nilai nutrisi yang dimiliki sorgum pada masa/fase vegetative yaitu mempunyai 13,-76%–15,66% PK, dan kandungan serat kasar 26,06% — 31,85%. Hijaun sorgum bisa juga digunakan sebagai hay. Hay sorgum yang berasal yang dipanen  pada umur 50 hari mempunyai protein 16,2% PK.

Kandungan gula dari sari buah yg terdapat pada tangkainya, menjadikan sorgum salah satu tanaman terbaik untuk membuat silase. Nilai nurtrisi dari sorgum yang begitu tingg, belumbegitu dimafatkan oleh secara maksimal oleh masyarakat. Para petni kita masih setengah hati dalam menama sorgum, karena nilai jualnya belum tinggi seperti tanaman sirealia lainnya seperti jagung, beras, gandum dan kacang-kacangan. Untuk sekarang ini, sorgum hanya dimanfaatkan bijinya saja, sedangkan bagian vegetatifnya (akar, daun, dan batang) sorgum sebatas untuk pakan ternak dan pupuk kompos.

About admin

Check Also

Apa Itu Palatabilitas Pada Pakan Ternak

Apa Itu Palatabilitas Pada Pakan Ternak

Apa Itu Palatabilitas Pada Pakan Ternak? Palatabilitas Adalah tingkat kesukaan yang ditunjukkan oleh ternak untuk …

One comment

  1. kegunaan azolla :
    – penghijau dan pendingin kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam air mancur
    – pakan alternatif alami ikan gurame, nila , mas, koi, lele, belut, patin dll
    – pakan alternatif ayam pedaging + petelur, bebek, entog, ayam adu
    – pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa ngarit /kemarau
    – bahan baku pupuk hijau dan kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun, lahan gambut
    – sebagai pengurai air limbah dan lahan kritis berair misal : bekas galian c, air TPA sampah, kolam pemancingan
    – penstabil keasaman air / PH terutama kolam terpal, bak semen, toren cor tebar padat
    – kandungan dan kegunaan lain nya bisa cari di google

    http://azollabandung.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *