Bungkil Inti Sawit Untuk Pakan Ternak

Bungkil  inti sawit untuk pakan ternak, perlu diberi perhatian khusus untuk kalangan pengusaha peternanakan dan peternak kecil. Karena harga pakan ransum  pabrikan yang  terus naik. Ransum olahan ini biasanya terdiri dari beberapa campuran kosentrat seperti, dedak padi, bungkil kedelai, bungkil kelapa, bungkil inti sawit. Harga ransum pabrikan yang terus naik, banyak menyebabkan usaha dalam bidang peternakan ayam banyak yang bangkrut. Ongkos untuk kosentrat sapi pedaging dan sapi perah ikut naik. Untuk sapi perah bisa dibantu dengan harga susu sapi untuk konsumen. Bagaimana dengan sapi pedaging?

Bungkil-Inti-Sawit-Untuk-Pakan-Ternak

Naiknya harga ransum pabrikan ini boleh jadi dikarenakan tingginya komponen bahan pakan dari luar Indonesia, misalnya bungkil kedelai dan tepung ikan. Ditambah lagi dalam bidang bahan bakar minyak mulai mengolah minyak  dari bahan nabati seperti jagung, dan ubi kayu, dan kelapa sawit. Hal itu, menjadikan harga bertambah naik. Oleh karena itu, Bungkil inti sawit sangat memberikan peluang untuk kita untuk dijadikan pakan ternak.

Bungkil inti sawit ini adalah salah satu bagian hasill ikutan pemrosesan inti sawit ( daging sawit ditambah batoknya), hasil ini dapat mencapai 45% dari inti sawit. Jika kita liat dari nilai unsure kimianya, BIS mempunyai 14-17% protein, Serat kasar 12-18%, lemak 10,5%. Oleh karena itu, bungkil inti sawit sangat baik untuk dimanfaatkan untuk pakan ternak.   Pada sapi perah BIS ini bisa digunakan 65% dari bahan ransum, jagung 25%, dan bungkil kedelai 10%. Sedangkan pada sapi potong dapat dipakai hingga 70% pada ransum pakan ternak. Jika peternak memberikan pada domba sebanyak 30%,  dengan hanya memberikan rumput bisa meningkatkan bobot pertumbuhan dari 30g dalam satu hari, sedangkan dengan memberikan BIS, bobot domba bisa meningkat menjadi 70g/ekor/hr.

Dalam ternak unggas, pemanfaatan BIS sekitar  5-15%, dikarenakan serat kasarnya yang sangat tinggi dan system kecernaannya yang rendah.  Untuk ayam petelur bisa digunakan 10-15%, hal ini dikarenakan system pencernaan ayam petelur yang lebih baik dari ayam pedaging. Kegunaan lain penggunaan BIS pada ayam juga bermanfaat sebagai pengendali baktari jahat yaitu: Salmonella ke-dougou.

Proses Fermentasi  bungkil inti sawit untuk pakan ternak dengan Jamur dan Bakteri seperti Rhizopus oligosparus, Aspergilus niger, atau Eupenicilium javanicum bisa menurunkan nilai serat kasar, dan tentunya dengan proses fermentasi dapat meningkatkan nilai protein dari bungkil inti sawit, serta tingkat kecernaannya juga akan meningkat. Jika peternak sulit mendapatkannya, peternak dapat mengunakan probiotik yang beredar di pasaran seperti: SOC (Suplemen Organic  Cair) dari PT HCS, Probitik Tangguh, EM4, Starbio, dll.

Proses fermentasi ini  telah meningkatkan nilai Protein dari Bungkil Inti Sawit dari 14% menjadi 23%. Jika kita menambahkan lagi enzim penghancur serat pada ransum ayam yang mempunyai 30% Bungki inti sawit, bisa meningkatkan peforma ayam hingga menyamai ayam yang menggunakan pakan ransum biasa(contoh: jagung dan bungkil kedelai).

Di Negara kita ini, walaupun ada bermacam-macam alat teknologi, namun hampir 90% Bungkil inti sawit untuk pakan ternak diekspor ke Luar Indonesia, karena harganya yag cukup tinggi, selebihnya untuk kita peternak yang ada di negeri ini.  Mungkin ini menjadi suatu yang sangat ironis, sehingga perlu menjadi perhatian dari pemerintah kita, janganlah kita terlalu sering mendengar dari peternak kecil  “Tikus Mati di Lumbung Padi”. Tanggung jawab dan rasa keperpihakan pemerintah sangat kita harapkan. Sukses untuk Kita Semua.

About admin

Check Also

maggot bsf sebagai pakan ternak

Maggot BSF sebagai pakan ternak

Maggot bsf sebagai pakan ternak: Penyediaan pakan ternak yang berkualitas adalah salah satu faktor penentu …

3 comments

  1. Tangguh Fitriyanto

    Saya sedia bungkil sawit dari daerah Pekanbaru.siap kirim ke area Jawa dan sekitarnya.dapat menghubungi saya di WA 081368359800

  2. Bisa minta info ttg harga ampas kelapa sawit/Palm Kernel expeller? Hub saya di 085265457888 ( Ade)

  3. Saya sedia bungkil sawit, lokasi Medan..
    Call or WA 085261088818

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *