Zinc Organik sebagai Pakan Suplemen untuk Ternak Ruminansia

Zinc Organik sebagai Pakan Suplemen untuk Ternak Ruminansia

Ternak membutuhkan nutrisi untuk kebutuhan dasar hidup, pertumbuhan, perkembangan janin,  produksi (susu) dan  reproduksi (semen, sel telur). Pakan yang baik adalah pakan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air.

Ada 2 macam mineral yang terdapat dalam pakan yaitu mineral makro dan mineral mikro. Mineral makro adalah Kalsium (Ca), Fosfor (P), Magnesium (Mg), Kalium (K), Sulfur (S), Natrium (Na) dan Khlorin (Cl). Sedangkan mineral mikro adalah Seng (Zn), Tembaga (Cu), Mangan (Mn), Selenium (se), Kobalt (Co) dan Yodium (I).

Zinc Organik sebagai Pakan Suplemen untuk Ternak Ruminansia

Zinc  merupakan komponen penting dalam reaksi >70 enzim yang ada dalam tubuh ternak. Zinc dibutuhkan untuk berfungsinya sistim imun (kekebalan), stabilitas membran sel dan ekspresi gen-gen tertentu dalam tubuh ternak

Telah dilakukan uji in vivo penambahan Zinc organik terhadap performans 16 ekor sapi laktasi. Ternak ini diberi pakan rumput (40 kg) dan konsentrat komersial (8 kg), ampas tahu (5 kg).

Pada saat mencapai bunting tua, ternak sapi dibagi menjadi  tanpa pemberian suplemen, dan pemberian suplemen 4 g Zinc organik (400 g Zn). Selain itu pemberian suplemen Zinc organik kepada sapi pejantan 6 ekor pejantan digunakan terbagi dalam 2 perlakuan Kontrol (rumput + konsentrat + legume + toge + ampas tahu = K) Treatment (K +  Zinc metionin-Kalem):1.5% Kalem, Zinc metionin = 0.025%. Kecernaan pakan, kualitas ****** yang diambil setiap minggu

Dari penelitian yang dilakukan di Balai Penelitian Ternak disimpulkan bahwa teknologi pembuatan mineral organik (Zn-metionin) dapat diperoleh. Zn-organik (Zn-metionin) meningkatkan fermentasi rumen ditunjukkan dengan total gas yang lebih tinggi (17.7%).

Kemudian Zn organik meningkatkan produksi susu karena menahan laju penurunan produksi susu dan Zn organik+Kalem meningkatkan volume ******. Sementara itu Zn organik pada sapi anak tidak berbeda bila formulasi sudah optimum serta Zn organic pada kambing muda meningkatkan konsumsi dan Pertambahan Bobot Badan Harian (PBBH). (REP)

Terima Kasih Telah Membaca Zinc Organik sebagai Pakan Suplemen untuk Ternak Ruminansia, smoga bermanfat!

About admin

Check Also

maggot bsf sebagai pakan ternak

Maggot BSF sebagai pakan ternak

Maggot bsf sebagai pakan ternak: Penyediaan pakan ternak yang berkualitas adalah salah satu faktor penentu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *