Home / Domba / Usaha Penggemukan Domba

Usaha Penggemukan Domba

Usaha penggemukan domba merupakan usaha kita yang memelihara ternak umumnya ternak dikandangkan selama waktu tertentu untuk menaikkan berat badan atau meningkatkan daging ternak. Usaha penggemukan domba ini masih sangat terbuka luas, hal ini disebabkan daging domba mempuyai rasa yang khas dan bisa diterima oleh bermacam lapisan masyarakat.

Usaha Penggemukan Domba
Usaha Penggemukan Domba

Hal utama yang mesti kita perhatikan dalam usaha penggemukan domba adalah

  1. Cara pemilihan bibit domba penggemukan atau bakalan
  • Domba yang diplih adalah domba yang berjenis kelamin jantan, karena domba jantan tingkat pertumbuhan lebih baik dan cepat dalam hal kenaikan bobot atau daging.
  • Umur jantan yang dipilih  sebaiknya berkisar antara 10 -12 bulan, karena kondisi domba sudah dikatakan sempuna dalam hal alat pencernaan, sehingga domba ini mampu memakan pakan yang berikan dalam berbagai bentuk. Selain itu domba muda akan menghasilkan daging yang cukup empuk.
  • Tentunya kita memilih bakalan domba yang sehat dan tidak cacat fisik. Tipe domba bakalan bisa disesuaikan dengan permintaan masyarakat contohnya Domba Ekor Gemuk, atau Domba Ekor Kurus/tipis.
  • Pilihlah bobot badan domba bakalan sekurangnya 20 kg/ekor.
  1. Pemberian Pakan

Pakan untuk domba penggemukan seperti hijauan dan kosentrat. Pakan hijauan ini adalah sumber serat kasar(SK) misalnya rumput lapangan,rumput gajah, daun kaliandra, dll. Sedangkan untuk kosentrat adalah sebagai sumber energy dan protein untuk membuat ternak domba kita cepat gemuk.  Contoh pakan kosentrat antara lain bekatul, ampas tahu, bungkil kedalai, dll. Untuk pemberian sumber serat lebih kurang 10% dari berat badan ternak domba/ekor/hari. Untuk kosentrat dapat diberikan berkisar antara 1-2% dari berat badan/ekor/hari.

  1. Perkandangan

Dalam hal ini kita menganjurkan kandang ternak domba yaitu kandang panggung, kita beri sekat-sekat  secara individu, hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan ternak domba terjamin, dan supaya membatasi ternak agar tidak bebas bergerak. Ukuran kandang ini adalah 40 – 50 cm  x 120 cm/ekor. Dan kandang ini sudah dilengkapi dengan tempat ternak domba makan dan minum.

  1. Manajemen pemeliharaan
  • Kita membatasi penggemukan domba sekitar 3-4 bulan,
  • Domba yang baru kita beli dari petani atau dari pasar jangn langsung digabungkan dengan domba yang ada di kandang, kita pisahkan terlebih dahulu satu atau dua hari untuk mencegah penyakit menular.
  • Sebelum domba digemukkan, domba ini diberikan obat cacing dengan takaran tertentu sesuai petunjuk dari obat tersebut.
  • Untuk mengetahui domba ini dalam penggemukan, apakan bobot badan naik atau tidak, maka lakukanlah penimbangan pada awal penggemukan, dan timbang kembali pada akhir penggemukan.
  • Domba yang terjangkit penyakit seperti  mencret/diare, sakit mata, scabies, kembung, dan lain-lain. Kita pisahkan dan ditempatkan pada kandang khusus, agar tidak menular ternak domba lainnya.

About admin

Check Also

cara memberi pakan domba

Cara Memberi Pakan Domba

Cara Memberi Pakan Domba: Cara memberi pakan domba ternak domba atau biri-biri jika  ditinjau dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *