Home / Azolla / Bagaimana Cara Mengatasi Hama Ulat Pada Azolla

Bagaimana Cara Mengatasi Hama Ulat Pada Azolla

Bagaimana cara mengatasi hama ulat pada azolla:

Hama ulat padaazolla biasa terjadi pada saat musim kemarau. Hama ulati ini  bisa ditandai dengan banyaknya azolla yang menjadi tempat bertelur kupu-kupu kecil yang berwarna putih, daun azolla terlihat melipat dan di dalam nya terdapat serabut halus warna putih, jika dibuka maka akan kita didapati seekor ulat yang sedang bermetamorfosis. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi perkembangan azolla, karena azolla akan mengecil dan mati.

Ciri ciri lain azolla yang terserang hama ulat yaitu tanaman azolla yang menggumpal,  daunnya berwarna coklat keputihan, lalu pecah-pecah menjadi serpihan kecil. jika dibiarkan satu minggu azolla akan mati. Selain itu azolla yang terserang hama ulat yaitu terdapat kotoran diatas daun azolla, yang artinya ada azolla yang sedang makan azolla disitu.

Berikut ini Adalah Tips Bagaimana Cara mengatasi Hama Ulat Pada Azolla:

  1. Untuk pencegahan, gunakan cairan sabun cuci piring (sunlight/mmengama lemon) dicampur air dengan dosis 10 tetes untuk 1,5 liter air lalu di semprotkan ke seluruh permukaan azolla pada kolam. Lakukan seminggu 2x selama musim kemarau.
  2. Jika sudah terkena/ada tanda2 hama tersebut, gunakan sapu lidi dan “gebuk-gebukin” azolla pakai sapu lidi tsb. Tujuannya supaya azolla terpecah dan dan sarang ulat tersebut hancur lalu ulat nya keluar kemudian semprot pakai cairan sabun cuci piring seperti diatas. Lakukan 2 hari sekali sampai azolla berkembang normal.
  3. Jika sudah terlalu parah, gunakan obat insektisida dengan dosis seperempat sendok teh dicampur dengan air 1,5 liter. Kemudian lakukan seperti pada langkah nomor 2.

baca juga: cara budidaya azolla

cara mengatasi hama ulat pada azolla

4. Para peternak dapat menggunakan obat inseksita misalanya De-Star. yang dapat anda beli di toko pertanian. De-Star dapat mengendalikan hama pada tanaman. Cara pemakaiannya adalah dengan menyemprotkan cairan yang telah dicampur dengan De-Star beberapa tetes, sampai warna putih kelihatan, Kemudian cairan tersebut disemprot diatas permukaan tanaman azolla. Kita dapat menyemprotkan sekali saja, biasanya dalam 1 atau 2 hari hama tanaman ulat sudah musnah.

cara mengatasi hama ulat pada azolla -1

{{ reviewsOverall }} / 5 Users (0 votes)
Rating
Ulasan Berikan Ulasan disini...
Order by:

Be the first to leave a review.

User Avatar User Avatar
Verified
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Berikan Ulasan disini...

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

About admin

Avatar

Check Also

Cara Budidaya Azolla

Cara Budidaya Azolla

PANDUAN PRAKTIS CARA BUDIDAYA AZOLLA MICROPHYLLA Cara Budidaya azolla dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu …

One comment

  1. Avatar

    dibakar bisa mati hamanya
    info yang sangat bermanfaat.
    kunjungi juga https://www.atmaluhur.ac.id
    nama: asep kurniawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *