Tips Perlakuan Saat Bakalan Sapi Tiba di Peternakan

Tips Perlakuan Saat Bakalan Sapi Tiba di Peternakan: Para peternak atau pengusaha ternak  yang telah membeli sapi di pasar atau pajak hewan, biasanya bakalan sapi tersebut mengalami kondisi stres. Karena jauhnya perjalanan dari awal kandang peternak sapi sampai ke pasar hewan.

Selain karena perjalanan yang jauh, perlakuan terhadap bakalan sapi yang tidak seperti biasanya, yaitu dia akan menggalami pergantian suasana lingkungan baru, orang yang menangani pengangkutan orang baru, serta kepasitas dalam truk pengangkutan yang sesak ditambah lagi dengan terik matahari yang cukup menyengat.

Setelah bakalan sapi tiba di pajak hewan, bakalan sapi akan mengalami kembali kondisi stress yang meningkat. Hal ini dilakukan oleh ulang para pedegang yang tidak memperhatikan kondisi sapi tersebut, seperti, bakalan sapi tersebut yang dipukul, tali tongar yang terlalu kencang, memasukkan air kedalam mulut yang secara paksa, hal ini tentu membuat sapi mengalami kesakitan.

Sebelum bakalan tiba, lakukan persiapaan kandang dengan membersihkan kandang yang sudah digunakan sebelumnya. Lebih baik lagi jika kandang dibersihkan secara menyeluruh menggunakan disinfektan. Perlengkapan kandang juga sebaiknya dalam kondisi bersih sebelum digunakan untuk bakalan sapi yang baru datang.

Tidak hanya itu, pakan berupa serat (hijauan atau jerami padi) dan sebaiknya sudah disiapkan dan pastikan ketersediannya mencukupi, baik secara kualitas maupun kuantitas, shingga selama periode penggemukan tidak ada gangguan berarti yang disebabkan oleh kekurangan pakan. Sementara itu, air minum sebaiknya juga selalu tersedia sejak awal kedatangan bakalan.

perlakuan bakalan saat sapi tiba di kandang

Saat baru datang ke pertenakan, bakalan sapi harus diberikan perlakuan khusus untuk mengembalikan kondisi tubuhnya. Pasalnya, kemungkinan sapi kelelahan dan stres akibat perjalanan panjang yang terjadi dari pasar hewan. Setelah memperhatikan kondisi diatas, Berikut tips perlakuan saat bakalan sapi tiba di peternakan: 

1. Jika memungkinkan, masukkan bakalan sapi yang baru datang ke dalam kandang karantina selama beberapa hari sebelum dimasukkan ke dalam kandang inti. Tujuannya untuk menghindari penularan penyakit pada bakalan sapi.

2. Berikan hijaun segar pada ternak, biarkan instirahat, lalu beri hijaun kembali.

3. Berikan juga air minum yang telah dicampurkan gula. Tujuannya untuk memulihkan stamina ternak.

4. Pada hari kedua sejak kedatangan, berikan vitamin pencegah stress. Indikasinya jika bakalan sapi terlihat lemas atau agak stress.

5. Setelah bakalan sapi sudah cukup tenang, suhu badan sudah seperti biasa, pertenak dapat memandikan supaya kelihatan sehat, bersih dan tentunya segar.

6. Pada hari ketiga, berikan obat cacing pada ternak yang baru datang, terutama cacing hati.

7. Vitamin dan obat cacing diberikan dengan cara sisuntik sesuai dengan petunjuk lebel produk. Selain dengan cara diduntik, obat cacing juga bisa diberikan dengan cara dicekol ke mulut sapi, sesuai jenis obatnya dan petunjuk penggunaan pada kemasaan

8. Jangan lupa untuk mendata bakalan sapi yang baru datang, lalu lakukan penimbangan awal untuk memudahkan evaluasi (mengetahui pertambahan bobot) selama proses penggemukan

Untuk sapi yang kita gemukkan dengan sistem lepas atau dalam kandang koloni, sebaiknya sapi ini diikat terlebih dahulu selama dua minggu, agar dia terbiasa dengan lingkungan baru, dan agar sapi tidak menjadi ganas atau stres, ataupun sapi itu tidak berkelahi dengan sapi-sapi lain, sehingga kita dapat menghindari sapi dari cacat seprti pincang, dll. Dan kitapun sudah mulai membiasakan untuk memberikan pakan kosentrat, dengan cara memberikan scara perlahan-lahan.

Untuk itu, penangan pada saat sapi datang ke peternakan perlu menjadi perhatian khusus bagi kita, karena proses penggemukan ini dapat berjalan sebagaima mestinya dan sukses untuk usaha penggemukan sapinya.

About admin

Check Also

Pemanfaatan Rumput Ruzi Sebagai Pakan Ternak-1

Pemanfaatan Rumput Ruzi Sebagai Pakan Ternak

Pemanfaatan Rumput Ruzi Sebagai Pakan Ternak Rumput Brachiaria merupakan salah satu rumput padang penggembalaan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *