Sukimin Ternak Ayam Hemat 40 Juta Dengan SOC HCS

Sukimin Ternak Ayam Hemat 40 Juta Dengan SOC HCS

Usaha ayam daging mempunyai prospek yang cerah disebabkan permintaan akan daging ayam ini senantiasa meningkat. Peternkan ayam ini mempunyai beberapa keuntungan dibanding dengan peternak dagiing lainnya. Keunggulan tersebut diantaranya siklus panen yang pendek antara 4-6 minggu, serta tidak mermulkan lahan yang luas.

Siklus yang pendek inilah yang menjadi daya tarik Bpk. Sukimin yang tinggal di daerah Jatikluwung, Gondangrejo Karanganyar, karena perputaran modalnya yang relative pendek sehingga keuntungan akan semakin cepa didapatkan.

Sukimin Ternak Ayam Hemat 40 Juta Dengan SOC HCS

Tetapi demikian, usaha ini juga dihadapkan pada berbagai tantangan, utamanya biaya yang tinggi sehingga memerlukan modal investasi yang besar. Kendala lainnya adalah tingginya tingkat resiko yang dihadapi dalam usaha ternak ayam boiler seperti resiko fluktasi harga, resiko kematian serta bau kotoran yang cukup menyengat. Resiko lain yang dihadapi dalam usaha ternak ayam broiler adalah resiko produksi yang disebabkan oleh cuaca dan iklim serta penyakit.

Hemat Pakan Rp. 40 Juta

Sesudah dikenalkan pola peternakan dengan menggunakan SOC oleh Team SAP Solo, Bpk. Sukiman merasakan senang karena disamping kototrannya tidak berbau juga biaya pakan bisa ditekan dengan perhitungan setiap ekornya 1000 ekor bisa menghemat pakan pakan samapi 5 sak, disamping angka kematian mengalami penurunan sampai dengan 0%. Sampai saat Bpk. Sakimin memilihara ayam sebanyak 26.500 ekor dengan dengan pola SOC HCS bisa menghemat pakan sampailebih kurang 132 Sak, kalau diukur dengan uang kurang lebih bisa mengemat pakan sampai 132 sak kalu diukur dengan uang kurang lebih bisa menghemat 40 juta rupiah.

Pengembangan usaha ternak ayam broiler akan berhasil apabila peternak mampu mengelola usaha ternaknya dengan baik, mulai dari manajemen produksi, keuangan, sumberdaya manusia, sampai pada management yang baik dalam mengelola seluruh fungsi usahanya.

Hal tersebut akan berpengaruh terhadap keberhasilan usahanya. Kemampuan manajemen yang baik harus ditunjang oleh insfrastruktur peternakan yang memadai. Selain itu, penggunaan teknologi yang tepat guna juga merupakan faktor yang penting dalm mendukung insfraktur peternakan yang memadai. Untuk mendukung semua itu peternak harus senantiasa mengembangkan informasi terkini tentang dunia pternakan yang diberikan oleh senior pendamping HCS.

Artikel Source : Sukimin Ternak Ayam Hemat 40 Juta Dengan SOC HCS : Majalah Mitra HCS

About admin

Check Also

Cara Penggunaan SOC untuk Burung Lovebird

Cara Penggunaan SOC HCS untuk Burung Lovebird

Cara Penggunaan SOC HCS untuk Burung Lovebird Atau Burung Cinta Beternak burung kicauan seperti lovebird …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *