Prospek Usaha Ternak Ruminansia

Prospek agribisnis usaha ternak ruminansia (sapi, kambing, domba) di Indonesia seperti jawa, sumatera, Sulawesi sangat menjanjikan baik dilihat dari segi teknis, ekonomis dan sosial. Dari segi teknis, usaha ternak ruminansia sudah cukup berkembang dan mudah menyesuaikan dengan lingkungan.

Dari segi ekonomis memiliki pangsa pasar cukup besar baik untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri maupun untuk ekspor. Dari segi sosial, ternak sapi, kambing dan domba sudah memasyarakat di kalangan peternak dan dagingnya digemari masyarakat.

prospek-usaha-ternak

Pengembangan usaha ternak sapi, kambing dan domba di masa mendatang perlu dilakukan melalui pendekatan agribisnis yang berkelanjutan. Usaha ternak dituntut lebih modern dan professional dengan memanfaatkan inovasi teknologi yang menekankan aspek efisiensi usaha.

Usaha penggemukan sapi potong, kita mulai saat kita membili calon sapi yang akan kita gemukkan(sapi bakalan) dengan perkiraan usia antara 2,2,5 tahun. Dan kita akan menggemukan antara 3 bulan dan maksimal 6 bulan. Kemudian dapat dijual pada momden tertentu misalnya pada hari sebelum puasa (munggahan) atau mak meugang dalam bahasa aceh, pada saat hari raya Idul Fitri, dan pada saat hari raya Idul Adha, tentunya harga sapi harga yang cukup tinggi.

Belum lagi jika peternak bisa memberikan pakan yang berkuliatas dengan harga yang efisien. misalnya dengan memberikan pakan kosentrat yang diperoleh dari limbah pertanian dan perkebunan. Selain itu peternak juga dapat menjual kotoran ternak sebagai pupuk, sehingga dapat menambah penghasilan.

Usaha penggemukan sapi akan mempunyai prospek yang cukup tinggi, karena persedian stok daging dalam negeri selalu kurang, apalagi pemerintah sering melakukan impor daging dari luar.

Selain sapi, peternak juga dapat melihat peluang usaha dari peternak kambing, dengan modal lebih kecil jika diabandingkan dengan sapi. Jika kita lihat penduduk indonesia dengan jumlah umat islam yang terbesar, menjadi potensial bagi kita untuk berwirausaha dalam bidang peternakan, misal banyak umat islam yang membutuhkan ternak kambing dan domba untuk Idul Adha, dan Aqikah anak. Dan banyak juga daging kambing dan domba untuk kebutuhan di restoran atau sate. Jika yang beternak kambing peranakan etawa tentunya akan menghasilkan susu yang dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Pengembangan usaha ternak tersebut harus didukung dengan pengembangan industri pakan melalui optimalisasi pemanfaatan sumber-sumber bahan baku lokal spesifik lokasi dan berorientasi pada pola integrasi tanaman-ternak.

Potensi bahan baku lokal berupa limbah pertanian, perkebunan dan agroindustri sangat besar, namun hanya sebagian kecil yang digunakan sebagai pakan. Masih banyak jenis limbah pertanian, perkebunan & agroindustri yang belum dimanfaatkan.

Teknologi pakan lengkap (completefeed) merupakan salah satu metoda/teknik pembuatan pakan yang digunakan untuk meningkatkan pemanfaatan limbah pertanian atau perkebunan dan limbah agroindustri melalui proses pengolahan dengan perlakuan fisik dan suplementasi untuk produksi pakan ternak ruminansia.

Proses pengolahannya meliputi pemotongan untuk merubah ukuran partikel, pengeringan, penggilingan/penghancuran, pencampuran antara bahan serat dan konsentrat yang berupa padatan maupun cairan, serta pengemasan.

Pemanfaatan limbah pertanian dan perkebunan yang tersedia secara lokal di masingmasing wilayah, ditambah dengan penggunaan limbah agroindustri, merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan produksi pakan dengan kualitas standard dan sekaligus murah.

Pakan lengkap dibuat dari bahan bahan limbah pertanian & perkebunan sebagai sumber seratnya seperti kulit kacang tanah, jerami kedelai, tongkol jagung, pucuk tebu dll. Ditambah limbah agroindustri sebagai sumber energi yaitu pollard, dedak padi, tapioka, tetes, onggok, dll.

Bahan bahan sumber protein seperti bungkil kopra, bungkil sawit, bungkil minyak biji kapuk/randu, kulit kopi, kulit coklat dan urea. Dilengkapi dengan bahan sumber mineral seperti garam dapur, zeolit, tepung tulang mineral mix dll.

About admin

Check Also

maggot bsf sebagai pakan ternak

Maggot BSF sebagai pakan ternak

Maggot bsf sebagai pakan ternak: Penyediaan pakan ternak yang berkualitas adalah salah satu faktor penentu …

One comment

  1. Inspirasi yang bagus, semoga kita semua tambah semangat membangun kehidupan yang penuh rahmat dari Allah Sang Pencipta. Amien. Sukses Bro…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *