Prospek Maggot BSF Sebagai Pakan Ikan

Prospek Maggot BSF Sebagai Pakan  Ikan

Dengan meningkatnya harga pakan komersial akibat tigginya harga tepung ikan yang membuat biaya produksi ikan semakin meningkat, karena sekitar 60-80% biaya produksi berasal dari pakan (Mokoginta et al. 2006). Sehingga untuk menekan dan menurunkan biaya produksi dari pakan, perlu dicarikan bahan pakan alternatif yang dapat digunakan sebagai pakan atau bahan pengganti tepung ikan. Salah satu bahan pakan alternatif tersebut yitu larva serangga bunga dari spesies Hermetia illucens (larva Black Soldier Fly, disebut maggot), yang diproduksi melalui proses ”Biokonversi”. Biokonversi merupakan sebuah proses untuk mengubah bentuk dari produk yang kurang bernilai menjadi produk bernilai menggunakan agen biologi (makhluk hidup; serangga Black Soldier Fly, BSF).

Maggot BSF Sebagai Pakan Ikan

Maggot adalah larva serangga Black Soldier Fly (Hermentia illucens, Stratiomydae, Diptera), keberadaanya bisa ditemui hampir diseluruh dunia dengan ukuran larva 2 cm. Maggot BSF mempunyai banyak kelebihan diantaranya :

  1. Bisa mereduksi sampah organik (dewetering),
  2. Bisa hidup dalam toleransi pH yang cukup luas,
  3. Tidak membawa atau agen penyakit,
  4. Memiliki kandungan protein yang cukup tinggi (40-50%),
  5. Masa hidup cukup lama (sekita lebih kurang 4 minggu) dan untuk bisa mendapatkanya tidak memerlukan teknologi tinggi.

Black Soldier Fly adalah serangga yang hidup di pepohonan yang berbunga. Sari bunga (madu) merupakan makanan utamanya. Siklus hidupnya selalu melakukan metamorfosa seperti kupu-kupu. Black soldier yang sudah dewasa akan kawin dan selanjutnya akan meletakkan telurnya pada media yang memungkinan sebagai makanan bagi larvanya. Dalam waktu 2-4 hari telur akan menetas menjadi maggot kecil, selanjutnya akan bertambah besar sampai 2 cm pada umur 4 minggu. Sampai umur 2 minggu maggot masih berwarna putih dan selanjutnya warna semakin berubah menjadi kekuningan sampai hitam dan menjadi pupa pada umur sekitar 4 minggu. Setelah 4 minggu pupa akan menetas menjadi serangga dewasa.

Kandungan Gizi Maggot

Maggot memiliki peluang sebagai pakan ikan atau untuk mensubstitusi (menggantikan) tepung ikan karena memiliki kandungan nutrisi tidak jauh berbeda dengan tepung ikan terutama tepung ikan lokal dan bisa diproduksi dalam kuantitas yang cukup dalam waktu yang singkat secara berkesinambungan. Secara umum diketahui bahwa tepung ikan yang ada dipasaran berasal dari impor seperti Peru dan Chili, dengan adanya pembatasan produksi dan permintaan akan tepung ikan di dalam negri tidak mampu dipenuhi oleh produksi sendiri membuat harga tepung ikan menjadi naik. Untuk memenuhi kekurang akan permintaan tepung ikan mungkin dapat dipenuhi dengan menggunakan tepung maggot.

Dari beberapa pengamatan menunjukan bahwa, kadar protein maggot sangat ditentukan oleh kandungan protein media yang digunakan dan umur maggot yang dipanen. Semakin tinggi kadar protein media dan semakin cepat maggot dipanen, maka akan semakin tinggi pula kadar proteinnya demikian sebaliknya.

Prospek Kultur Maggot

Peluang maggot untuk mensubstitusi  atau menggantikan tepung ikan tidak hanya terkait dengan kandungan gizinya akan tetapi juga mengenai potensi kulturnya akan terus dikaji oleh ”Tim Pengembangan Maggot” di BBI Ngemplak. Kultur maggot yang dilakukan di Balai Benih Ikan Ngemplak menggunakan bungkil ketela, dedak, ampas kelapa dan ampas tahu untuk media tumbuhnya dan hasil yang maksimal terdapat pada media dedak dan ampas tahu. Bungkil ini dipilih karena mempunyai kandungan gizi yang cukup baik dan ketersediaannya cukup banyak di Kabupaten Sleman.

Kultur dapat dilakukan pada skala kecil dengan menggunakan drum/baskom dan skala besar pada bak-bak yang berukuran besar yang kedap air. Fermentasi media menggunakan air dengan perbandingan 1 bagian bungkil kelapa sawit dengan 2 bagian air. Media yang telah dicampur air dimasukan dalam tong/baskom atau bak berukuran besar dan ditempatkan diruangan terbuka. Agar media tidak terkena air hujan, wadah kultur diberi atap sebagai pelindung, disamping itu untuk memudahkan serangga black soldier menempelkan telur maka diatas media fermentasi ditempatkan daun kering. Setelah 4-5 minggu pemeliharaan maggot sudah dapat untuk dipanen. Ukuran panen disesuaikan dengan bukaan mulut ikan yang akan diberi pakan maggot (jika maggot segar).

Setiap 10 kg media dalam tong/baskom dapat diharapkan menghasilkan 3-3,5 kg maggot. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa setiap 1 kg maggot dapat dihasilkan dari 3 kg media (konversi media: maggot 3:1) dalam waktu 4-5 minggu.

Dilihat dari proses produksi untuk mendapatkan maggot cukup mudah dan dengan waktu yang relatif singkat, maka maggot cukup prospek untuk dikembangkan.

Aplikasi Maggot BSF Sebagai Pakan Ikan

Aplikasi maggot sebagai pakan ikan dapat dilakukan dengan 2 cara, pertama sebagai pakan ikan langsung (maggot hidup/Fresh) dan kedua tepung maggot sebagai sumber protein pakan menggantikan atau substitusi tepung ikan.

Pada ikan patin, substitusi maggot segar dengan pakan komersial pada ikan patin jambal menunjukan bahwa benih patin jambal yang diberi pakan substitusi maggot hidup 25% ditambah pakan komersial 75% menghasilkan laju pertumbuhan terbaik serta dapat menurunkan biaya dari pakan sebesar Rp. 352/kg ikan dan substitusi maggot masih dapat ditingkatkan sampai 35% tanpa menurunkan performan pertumbuhan dan efisiensi pakan (Ediwarman et al., 2007a).

Pada ikan nila merah, substitusi maggot segar dengan pakan komersial pada ikan nila merah menunjukan bahwa ikan nila merah yang diberi pakan substitusi maggot hidup 50% ditambah pakan komersial 50% menghasilkan laju pertumbuhan terbaik serta dapat menurunkan biaya dari pakan sebesar Rp. 1.819/kg ikan dan substitusi maggot masih dapat ditingkatkan sampai 54% tanpa menurunkan performan pertumbuhan dan efisiensi pakan (Ediwarman et al., 2007c).

Hasil penelitian penggunaan maggot sebagai substitusi pakan komersial juga telah dilaporkan oleh beberapa peneliti, dimana maggot dapat menggantikan 50% pakan komersial pada ikan lele (Hadadi, et al. 2007).

Source: BBAT Jambi

About admin

Check Also

Manfaat Black Soldier Fly Sebagai Pakan Ternak

Manfaat Black Soldier Fly Sebagai Pakan Ternak

Manfaat Black Soldier Fly Sebagai Pakan Ternak Pemanfaatan tepung BSF sebagai pakan pada unggas dipelajari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *