Mengenal Probiotik Starbio

Probiotik starbio adalah Probiotik yang diciptakan oleh oleh PT. Lembah Hijau Multifarm, yang berlokasi di desa Joho, Triyagan, Sukaharjo Propinsi Jawa Tengah. Kalau kita berangkat dari UNS –Solo kita dapat menempuh sekitar 10  menit dengan kendaraan.  PT Lembah Hijau Multifarm Berdiri pada tahun 1981 oleh Ir. Suharto, MS. Yang berprofesi sebagai pendidik. Aktivitas Lembah Hijau Multifarm meliputi kegiatan:

  1. Peternakan Sapi Perah
  2. Pertanian
  3. Peternakan
  4. Dan Pengembangan Bioteknologi Starbio.

Probiotik Starbio merupakan kumpulan bibit mikroorganisme yang diambil dari lambung sapi yang kemudian diproses dengan pencampuran tanah, akar rumput dan daun-daaunan atau ranting-ranting daunan-daunan yang dibusukkan. Didalam pencampuran tersebut mengandung mikroba khusus yang mempunyai fungsi yang berbeda beda, contonya Cellulomonas Clostridium thermocellulosa sebagai pecerna lemak,  Agaricus dan coprinus (pencerna lignin),  serta Klebssiella dan Azozpirillum trasiliensis sebagai pencerna protein.

probiotik-starbio

Probiotik starbio adalah probiotik yang bersifat an-aerob (tanpa udara) yang dapat menghasilakn enzim yang berguna untuk memecah karbohidrat seperti (selulosa, hemiselulosa, lignin), dan protein serta lemak.

Kegunaan starbio dalam ransum atau pakan ternak yaitu meningkatkan daya cerna,  lebih mudah menyerab nutrisi, dan tentunya efisiensi penggunaan ransum, probiotik ini juga mampu menghilangkan bau kotoran ternak kita.

Probiotik starbio adalah kumpulan bakteri atu koloni dari bakteri alami sebagai berikut:

  1. Mikroba Proteolitik

6  x 109 satuan pembentuk koloni/gram bahan, jenis yang biasa diformulasikan yaitu:

Nitrosomonas / Nitrobacter / Nitrospira / Nitrosococcus / Nitrosolobus.

  1. Mikroba Lignolitik

6 x 109 satuan pembentuk koloni/gram bahan. Jenis yang biasa diformolasikan yaitu:

Clavaria dendroidea / Clitocybe alexandri / Hypoloma fasciculare.

  1. Mikroba NitrogenFiksasi Non Simbiotik

4 x 108 satuan pembentuk keloni/gram bahan, Jenis yang bias diformulasikan yaitu:

Jenis yang biasa diformulasikan: Azotobacter Spp / Beyerinkya Spp / Clostridium pasteurianum.  Nostoc Spp / Anabaena Spp / Tolypothrix Spp / Spirillum lipoferum.

  1. Mikroba Selulolitik

8 x 10 8 satuan pembentuk koloni/gram bahan. Koloni yang biasa diformulasikan yaitu:

Trichoderma polysporeum / Tricoderma viridae / Cellulomonas acidula / Bacillus cellulase disolven.

  1. Mikroba Lipolitik

5 x 108 satuan pembentuk koloni/gram bahan. Jenis yang biasa diformalusikan: Spirillum liporerum.

Sumber :Lembah Hijau Multifarm.

Kegunaan Utama dari Starbio:

1. Menurunkan Biaya Pakan

Mikroba yang terkandung  dalam starbio akan membantu pencernaan dalam tubuh ternak, membantu penyerapan pakan lebih banyak jadi pertumbuhan ternak lebih cepat dan produksi bisa lebih meningkat. Jadi FCR (Feed Conversion Ratio) akan menurunkan sehingga biaya pakan lebih murah.

2. Mengurangi bau kotoran ternak

Pakan ternak yang dicampur dengan starbio akan meningkatkan kecernaan penyerapannya jadi:

  • Kotoran ternak lebih sedikit kiring
  • Kandungan ammonia dalam kotoran ternak akan menurun sampai 50%, akhirnya daya tahan tubuh ternak akan meningkat dalam kondisi ternak akan lebih segar, karena kontaminasi lalat yang lebih sedikit. Kondisi peternak dan lingkungannya akan lebih nyaman, tidak terganggu  dengan kotoran ternak (Lembah Hijau Multifarm).

Peternak yang menggunakan probiotik starbio pada ternak unggas ternyata sangat mengutungkan karana bisa menghasilkan bermacam enzim yang bisa membantu pencernaan dan bisa menghasilkan zat anti bakteri yang bisa menekan pertumbuhan mikiroorganisme yang pathogen, atau merugikan.

About admin

Check Also

Apa Itu Palatabilitas Pada Pakan Ternak

Apa Itu Palatabilitas Pada Pakan Ternak

Apa Itu Palatabilitas Pada Pakan Ternak? Palatabilitas Adalah tingkat kesukaan yang ditunjukkan oleh ternak untuk …

11 comments

  1. Sy berminat membuat pakan Sapi dari Jerami Padi. Dimana bisa sy dapatkan Produk Starbio?

  2. starbio ini adalah poduk dari PT Limbah Hijau Multifarm(LHM), biasanya banyak dijual di toko peternakan,

  3. Dadiek Mahendradi

    Mau tanya, apakah produk starbio dapat menghancurkan kotoran sapi didalam bak penampungan? (Prinsip kerjanya apakah bisa seperti pengurai kotoran tinja manusia yg berada didalam septic tank, sehingga tidak cepat penuh… tinja jadi hancur dan larut meresap dalam tanah.)

  4. Beda Bpk Dadiek Mahendra, untuk produk starbio itu menghacurkan tinja, bpk bisa menggunakan produk starbio plus dari PT. Lembah Multifarm Juga.

  5. Kandungan dari starbio plus apa ya?

    • Starbio ada dua macam, untuk ruminasia dan unggas(monogastrik) untuk fermentasi pakan ternak, kalauTARBIO Plus merupakan mikroba / bakteri yang berfungsi menguraikan limbah menjadi bahan asal alami yang tidak berbau, biasanya untuk menguras WC yang tersumbat.

  6. Daerah purbalingga apa ada tempat yang jual setarbio pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *