Penggunaan Probiotik Bioplus Untuk Penggemukan Sapi

Probiotik bioplus merupakan hasil dari pencampuran bakteri atau mikroba yang menguntungkan (non-patogen)  yakni bakteri yang dapat mencerna pakan serat, seperti jerami dan rumput gajah, kandungan  bakteri sekitar 105/gr, dan Fungi atau jamur yang juga dapat mencerna pakan berserat. Probiotik Bioplus didapatlan dari bermacam macam ternak ruminasia (sapi, kambing, domba) dan monogastrik(kelinci, kuda). Penggunaan Probiotik Bioplus berfungsi untuk meningkatkan produktivitas dari pakan yang kurang efisien karena mempunyai nilai nutrisi yang rendah.

probiotik bioplus

Hamipr sama dengan probiotik yang lainnya, proboitik bioplus mempunyai manfaat untuk meningkatkan efisien pakan dengan miningkatkan protein (PK) pakan dan menurunkan serat kasar(SK) dari pakan, menjaga kesehatan ternak, meningkatkan pertumbuhan ternak.

Sapi bali atau dalam bahasa latin disebut dengan (Bos Sondaicus) adalah hasil dari domestikasi (hasil penjinakan hewan liar) benteng yang ada di pulau balidan sekarang menjadikan sapi bali adalah ternak unggulan di pulau tersebut dan kemudian dikembangbiakkan secara nasional meskipun menjadi komoditas unggulan sapi bali juga memiliki sisi kelamahan yakni perumbuhan bobot harian sapi yang agak lambat dibandingkan dengan sapi unggulan lain seperti sapi Simmental, Limousin, atau Brahman.

Dari berbagai hasil penelitian bahwa ternak sapi bali dalam khususnya dalam proses penggemukan sapi potong membutuhkan pakan dengan kualitas dan kuantitas yang lebih baik, kemudian pemberian kosentrat untuk pakan penguat dilakukan terbatas oleh petani yang mempunyai tingkat kemampuan ekonomi yang baik, sehingga produktivitas sapi potong yang dipelihara petani dipedasaan menjadi sangat rendah.

Sekarang, diikuti dengan perkembangan ilmu peternakan sudah berkembang penggunaan pakan penguat (feed additif), dan salahsatunya adalah probiotik Bioplus, dan Enzim.  Bioplus merupakan probiotik yang mengandung mikroba pencerna serat yang bisa meningkatkan efisiensi pemanfaatan pakan. Dari penelitian bahwa penggunaan Probiotik Bioplus pada sapi potong peranakan Ongole dapat meningkatkan pertambahan bobot badan harian dari 0,7 Kg menjadi 1 Kg. Dalam Bioplus terdapat jenis bakteri fermentasi dari genus  Lactabacillus, Streptomices, dan genus jamur fermentative lainnya dalam media molasses (tetes tebu) yang berguna untuk memfermatasikan bahan organic kompleks menjadi bahan organic sederhana.

Kemudian enzim adalah produk biologis yang berguna untuk katalisator untuk memecahkan atau merombak struktur kimia pakan yang bersifat kompleks menjadi sederhana, agar pakan tersebut mudah untuk diserap.

Enzim yang digunakan pada pengkajian ini yaitucampuran dari enzim alfa  Amilase, Beta Amilase, Beta Gluconase, Pectinase, Cellulase, dan lain-lain. Enzim yang diberikan sebanyak 3 gram/ekor/hari.

Bioplus 5 ml/ekor/hari, dedak 2 kg/ekor/hari sedangkan hijauan diberikan ad libitum dengan kompisisi 70% rumput dan 30% legume seperti daun gamal, kaliandra, lamtoro, turi, dan lain lain.

Pengaruhnya terhadap pertambahan Berat Badan Sapi Bali.

  1. Pertambahan berat badan,

Dari hasil penggkajian dan penelitian selama 4 bulan, kelompok sapi yang diberika pakan Hijauan+Dedak+Enzim (HDE) pertambahan bobot badan hariannya yang tertinggi, selanjutnya diikuti oleh kelompok sapi yang diberikan pakan Hijauan+Dedak+Bioplus (HDB), Hijauan+Enzim(HE), Hijauan + Dedak (HD), Hijauan + Bioplus (HB) dan terakhir sapi diberikan hiajauan saja, masing-masing 0.679, 0.611, 0.508, 0.491, 0.461, dan 0.302 kg/ekor/hari.

No Perlakuan Bobot Badan Awal(Kg) Bobot Badan Akhir(Kg) Pertambahan Bobot Badan (Kg/Ekor/hari)
1 Hijauan(H) 293,6 329,8 0,302
2 Hijauan + Bioplus (HB) 298,4 353,7 0.461
3 Hijauan + Enzim (HE) 292,3 353,2 0,508
4 Hijauan + Dedak (HD) 297,4 356,2 0,491
5 Hijauan + Dedak + Bioplus (HDB) 290,9 364,2 0,611
6 Hijauan + Dedak + Enzim  (HDE) 299,3 380,8 0,679

Dari hasil pengkajian bedasarkan table diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa penggunnan Kosentrat, Bioplas, dan Enzim dalam pakan ternak sapi, maka nilai bobot harian ternak akan meningkat secara signifikan.

About admin

Check Also

maggot bsf sebagai pakan ternak

Maggot BSF sebagai pakan ternak

Maggot bsf sebagai pakan ternak: Penyediaan pakan ternak yang berkualitas adalah salah satu faktor penentu …

One comment

  1. terimakasih atas informasinya, sangat memanmbah wawasaj saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *