Nutrisi untuk Pakan Kambing

Pemberian pakan kambing yang berkualitas akan menunjang peforma kambing dan dapat menghasilkan produksi yang maksimal. Pakan sangat dibutuhkan oleh kambing untuk tumbuh dan berkembang biak. Hanya pakan yang sempurna yang mampu mengembangkan pekerjaan sel tubuh. Pakan kambing yang sempurna mengandung kelengkapan protein, karbohidrat, lemak, air,  vitamin, dan mineral.

nutrisi untuk pakan kambing

Nutrisi yang yang paling penting untuk pakan kambing adalah protein, protein disini berfungsi untuk mengganti sel yang aus, pembetukan otot, sel darah merah, bulu, tanduk, dan energi, jika lemak dan karbohidrat habis dalam tubuh. Untuk ternak kambing, Dalam rumennya kambing terdapat bermacam-macam jasad renik yang mampu mengubah serat kasar (karbohidrat) menjadi protein yang dapat dimanfaatkan oleh ternak.

Pakan kambing yang mengandung karbohidrat berguna untuk kambiing, karena merupakan sumber energi setelah lemak. Serat kasar juga merupakan bagian dari karbohidrat. Pemberian serat kasar pada kambing tidak ada batasan karena mikroorganisme dalam rumennya dapat mencerna serat kasar itu menjadi karbohidrat sederhana yang dapat diserap oleh ternak.

Kegunaan Pakan Sumber  Karbohidrat Sebagai Energi.

Dalam 1 gram karbohidrat mengandung sekitar empat kalori yang bermanfaat untuk kegiatan kerja sehari-hari. Karbohidrat adalah sumber energi utama dan berperan penting pada beberapa organ seperti otak, lensa mata, sel syaraf, disebabkan sumber energi ini tidak dapat digantikan dengan organ2x itu.

Karbohidrat melindungi protein dalam tubuh tidak habis. Karena ketika sumber karbohidrarat dalam tubuh sudah habis sebagai sumber energi. Tubuh akan mengambil berikutnya dari lemak, sedangkan jika lemak dalam tubuh sudah habis, maka tubuh akan mengambil cadangan energi dari protein. Dan seperti kita ketahui bahwa otot atau daging tubuh terdiri dari protein, sehingga jika ternak anda kekurangan protein, ternak anda akan kurus.

Lemak berfungsi sebagai cadangan energi, pelarut vitamin, dan memberikan rasa enak pada pakan kambing yang diberikan. Pemakaian lemak dalam ransum tambahan atau pakan penguat rata-rata 2,5%. Kelebihan lemak dapat menimbulkan mencret pada kambing. Lemak sendiri dalam 1 gram akan didapatkan energi sebesar 9,3kcal. Lemak biasanya digunakan pada ransum sebagai pelengkap dan untuk menambah kebutuhan energi. jadi sumber lemak ini bisa digunakan sedikit aja yakni sekitar lima persen. Contoh sumber lemak adalah minyak bekatu, minyak kacang kedelai, minyak kelapa sawit, minyak kelapa, dll. seperti minyak jagung juga.

Kebutuhan air untuk kambing muda relatif banyak dibandingkan dengan kambing yang telah tua. Kebutuhan air dalam tubuh ternak dapat mencukupi melalui air minum, air dalam bahan pakan kambing, dan air yang berasal dari proses metabolisme zat pakan dalam tubuh. Kambing dewasa membutuhkan air setiap harinya rata-rata 2 l/kg pakan kering.

Zat nutrisi yang lain yang sangat dibutuhkan daalam pakan kambing adalah vitamin yang sangat diperlukan adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, dan vitamin E. Umumnya unsur vitamin tersebut sudah bisa dicukupi dari bahan pokok yang mengandung serat kasar, karbohidrat, lemak, dan protein. Makanan yang dapat diberikan seperti rumput-rumputan, daun-daunan, biji-bijian, atau pakan lain seperti dedak, ampas tahu, dan limbah pertanian lainnya.

Sebagai sumber mineral dapat diberikan garam, tepung tulang, atau tepung ikan. Tepung tulang dan tepung ikan sangat kaya akan unsure mineral Ca, P, Fe, dan sebagainya. Jenis pakan kambing ada dua macam, yaitu pakan pokok yang terdiri dari hijaun (rumput, legume, dan leimbah pertanian), serta penguat (Suplemen, Kosentrat, dan pakan tambahan).

About admin

Check Also

Selamatkan Sapi Betina Produktif

Selamatkan Sapi Betina Produktif

Selamatkan Sapi Betina Produktif Sejak dua dekade terakhir ini, Indonesia mengimpor daging dan sapi bakalan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *