mengenal kambing liar dan kambing ternak

Kambing merupakan hewan perah tertua di dunia. Di alam, kambing digolongkan menjadi dua, kambing liar dan kambing ternak.

Kambing tergolong pemamah biak, berkuku genap, dan bertanduk sepasang menggantung. Hampir semua jenis kambing merupakan hewan pegunungan yang suka hidup di lereng-lereng yang curam. Kambing mempunyai kebiasaan makan sambil berdiri dan gemar sekali mencari hijauan berupa dedaunan.

Kambing merupakan hewan perah tertua di dunia. Di alam, kambing digolongkan menjadi dua, kambing liar dan kambing ternak.

Kambing tergolong pemamah biak, berkuku genap, dan bertanduk sepasang menggantung. Hampir semua jenis kambing merupakan hewan pegunungan yang suka hidup di lereng-lereng yang curam. Kambing mempunyai kebiasaan makan sambil berdiri dan gemar sekali mencari hijauan berupa dedaunan

kambing ternak

Dalam klasifikasi biologi, kambing digolongkan dalam kelompok binatang menyusui, suku rumanisia (binatang pemamah biak), anak suku kambing-kambingan (Caprinea). Kelompok anak suku itu masih dibag-bagi lagi dalam kelompok yang lebih kecil, yang terbagi dalam lima tribe(rumpun) dan 11 genus (marga atau induk jenis). Kambing yang tersebar di alam dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kambing lair dan kambing ternak.

Kambing Salah Satu Hewan Ternak Tertua setelah anjing. Seperti hewan ternak lainnya, pada awalnya kambing dipelihara untuk diambil dagingnya. Namun, sebagai hewan perah, kambing dianggap yang tertua, bahkan lebih tua dari sapi. Di Asia, kambing jinak Capra aegagrus hircus dianggap nenek moyang kambing ternak. Sedangkan di Eropa diduga berasal dari kambing liar Capra aegagrus. Kambing ternak yang berkembang di Timur Tengah sampai India, diduga berasal dari kambing liar Capra aegagrus blythi.

Jenis Kambing Liar:

a. Kambing Liar Bagot

Kambing bagot merupakan kambing yang paling tua di daratan inggris, kambing ini pertama kali dibawa pada saat terjadi perang salip, dari lembah rhone. Bahkan ada salah satu komandan perang salip yang mencantumkan dan memakai “Lor Bagot Sebagai Simbolnya. Kambing sudah mulai dikembangbiakkan pada awal tahun 1957. Jika kita lihat secara fisiknya, kita akan sulit membedakan antara kambing dan domba. Ada dua hal yang dapat kita bedakan yaitu ekor dan tanduknya, pada kambing ekornya keatas, pada domba ekornya kebawah. Dan jika kita lihat dari tanduknya, kambing ini tanduknya panjang besar kearah atas, dan melingkar dan agak cenderung ke depan. Bagaimana dengan domba? pada domba akan tumbuh dari samping,  pada kambing jantan tumbuh bulu seperti janggut, dahinya kambing ini agak cembung.

b. Kambing Booted

Kambing ini adalah kambing yang hidup di pegunungan, kambing ini juga termasuk kambi yang terancam kepunahannya, karena semakin jarang kita jumpai. Kami ini dapat menyesuaikan hidup dengan keadaan cuaca yang panas, dan pada tempat-tempat tinggi yang tergolong ekstrem. kambing ini pernah diternakan pada tahun 1920, tapi pada tahun 1980 sudah dianggap punah. kambing ini biasa hidup didaerah yang berbatu, atau gunung-gunung yang tinggi untuk cuacanya sangat panas. Ciri khas kambing ini, berbulu agak kecoklat-coklatan. Dan cederung coklat gelap pada kakinya seperti kita lihat orang yang sedang memakai saputu boot.

c. Kambing Pulau Arapawa

Kambing termasuk kambing liar dan tergolong untuk kambing penghasil susu (perah) dan kambing pedaging. Kambing ini adalah keturunan kambing perah dari inggris yaitu kambing English Landrace yang telah dianggap punah juga. Tahun 1970 ada beberapa ekor diekspor ke Amerika Utara dan ketempat lainnya untuk dikembangbiakkan.eperti namanya kambing ini hidup di pulau Arapawa Selendia Baru. Di alam liar mgkn hanya terdaat dibawah 300 ekor saja, karena banyak diburu oleh manusia. Kambing in ada beberapa macam yaitu seprti warna puti, coklat, hitam. Kambing ini sangat gesit dan lincah sperti rusa, karena biasa hidup di alam liar.

d. Kambing Negerian dwarf

Kambing ini berasal dari afrika barat, selanjutnya diangkut ke Amerika sebagai pakan macan dan singa, kambing yang tidak jadi makanan singa atau macan kemudian dipelihara di kebun binatang. Kambing sangat terkenal karena sangat mudah untuk dipelihara, dan bentuk tubuhnya yang kecil. Kambing ini biasanya tinggi antara 17 -23 inch. warnanya beragam, kambing ini biasa bertanduk, taetapi oleh peternak kambing ini dipotong pada waktu kecil. Keunggulan kambing ini juga dapat menghasilkan susu sampai 2liter per hari, kambing ini tingkah lakunya lembut dan sangat mudah dilatih.

e. Kambing Golden Guernsey

Seperti namanya kambing ini berasal dari daerah Guernsey,dibawa ke inggri pada tahun 1965. kambing ini ada sejak tahun 2000 SM, kerena telah ditemukan fosilnya pada maka kuno Dolmen. Seperti Maka Magelitik. Kambingi ini adalah keturunan dari kambing oberhasil dari Nagara Syam atau suriah.

Kambing ini diucapakn golden guernsey karena bulunya yang bewarna coklat emas. warna pada matanya pucat, kambing ini jinak, dan memiliki bau yang khas. Kambing ini dapat menghasilkan susu sekitar 3 liter per hari. lebih sedikit dari kambing seanen swiss.

f.  Kambing Girgentana

Kambing ini berasal dari daratan eropa italia, yaitu daerah yang terkenal mafianya yakni sisilia. Menurut cerita kambing ini berasal dari daerah India yaitu khasmir, kambing ini merupakan campuran keturunan kmbing markhor dan campuran kambing anthelope atau kijang. Kambing ini mempunyai ciri khas yaitu tanduk yang mengelintir seperti spiral. Mempunya janggut yang cukup panjang,bulunya panjang juga kayak mantel, pada badanya bewarna putih dan bewarna abu2x kecoklatan.

About admin

Check Also

Pemanfaatan Rumput Ruzi Sebagai Pakan Ternak-1

Pemanfaatan Rumput Ruzi Sebagai Pakan Ternak

Pemanfaatan Rumput Ruzi Sebagai Pakan Ternak Rumput Brachiaria merupakan salah satu rumput padang penggembalaan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *