Mastitis adalah: Pencegahan dan Pengobatannya Pada Ternak

Mastitis adalah Penyakit yang sangat sering kita temui pada saat kita beternak kambing. Mastitis adalah yang menyebabkan kerugian karena hasil produksi susu akan menurun antara 10-25%. Anak kambing yang mati karena tidak mendapatkan susu kolostrum(susu awal kambing), biaya pengobatan kambing yang mahal, susu kambing yang ditolak dipasaran karena mengandung jumlah sel somatic yang bangak, karena kambing yang menderita penyakit mastitis apabila dipakai untuk membuat keju akan menjadi cepat asam dan mutu keju menjadi tidak bagus.

mastitis-adalah-penyakit-ambing-ternakMastitis adalah penyebab kematian sekitar 18% dari kambing jika terjangkiti. Terjangkitnya penyakit mastitis berkaitan dengan faktor resiko misalnya saat pemerahan susu yang kurang bersih dan hiegenis, pemerahan susu yang tidak selesai, kebersihan yang kurang baik. Mastitis juga dapat terjadi karena jumlah produksi susu yang sangat banyak, pada ternak domba biasanya terjadi 1 minggu sebelum dan 8 minggu sesudah domba melahirkan.

Gejala penyakit mastitis adalah sbb:

  • Meningkatnya suhu badan dan frekuensi pernafasan ternak
  • Nafsu makan ternak akan menurun secara drastis
  • Adanya perubahan air susu kambing seperti perubahan warna seperti kekuning-kuningan dan mengandung nanah, peradangan dan dan perubahan bentuk ambing,
  • Otot ternak menjadi lemas
  • Ternak sapi atau kambing mengalami dehidrasi, depresi, bisa menyebabkan kematian

Penyebab mastitis adalah:

Mastitis hanya menjangkiti ternak ruminansia betina kambing, sapi atau domba yg tengah menyusui atau lepas sapih. Penyebab mastitis adalah bakteri, bahan kimia, temperature atau suhu, trauma peralatan mekanik. Tetapi yang menjadi penyebab utama pada mastitis adalah bakteri Staphylococcus sp.  Bakteri ini bisa menginfeksi karena kandang ternak kita yang tidak bersih., saat ternak kita tidur, ambing langsung bersentuhan langsung dengan lantai kandang. Bisa juga disebabkan  lubangnya ambing yg terbuka lebar disebabkan ternak kita sedang masa laktasi.

Pencegahan dan pengendalian

Untuk mencegah dan mengendalikan mastitis adalah dengan kita menerapkan beberapa strategi atau cara. Sistem pemeliharaan yang baik bisa kita praktekkan misalnya dengan memakai antiseptik guna penceluppan putting susu saat sebelum dan setelah pemerahan. Dibeberapa Negara maju telah banyak menerapkan vaksinasi meskipun meskipun hanya untuk mengurangi gejala dari mastitis. Disamping vaksinasi, kita juga menjaga kadang agar tetap bersih. Orang yang memerah susu juga perlu diperhatikan. Air yang kita pakai untuk mencuci ambing sangat bermafaat untuk mencegah mastits. Hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan pencelupan dan putting sebelum dan setelah pemerahan. Dan jangan lupa juga untuk membersihkan ambing secara rutin.  Kita lakukan ini untuk mencegah bakteri dan mengurangi bakteri yang masuk ke ambing ternak. Banyak sekali anti bakteri yang bisa kita pakai untuk penceluppan putting yaitu cairan iodium dan klorin.

Cara pengobatan mastitis

Umumnya mastitis bisa diobati dengan memberikan antibiotic long intra muscular. Tetapi guna mempercepat prosese kesembuhan ternak, bisa juga dengan menambahkan dengan memberikan antiobiotik lagsung langsung ke ambing. Antibioti yang umumnya dipakai yaitu antibiotic berspectrum misalnya peniciline-streptomicine. Tetapi sekarang ini  tersedia antibiotic yg khusus untk mengobati mastitis yakni  Suanovil (spiramycine).

Tahap awal yg bisa kita lakukan untuk mengobati penyakit mastitis ini adalah dengan menyuntikkan penstrep intera mamae dgn takaran 0,8cc. Setelah disuntikkan beberapa hari, tetapi tedak menampakkan dan menunjukan kondisi yg baik. Kita bisa putuskan untk menggantikan obat antibiotic yg diberikan dgn suanovil. Suanovil yang dierikan intera muscular tetapi disuntikkan dekat  dengan ambingnya, dengan takaran 1cc.  sesudah diberikan dua hari, ambing yg busuk telah mengelupas mamea.

Untuk permukaan  ternak yg mengalami peradangan dan mengalami kondisi luka, kita mesti semprotkan antiseptic seperti Gusanex. Ini kita lukakan untuk mencegah infeksi yg lebih parah lagi dari kontaminasi bakteri yg berasal dari lingkungan luar.

About admin

Check Also

maggot bsf sebagai pakan ternak

Maggot BSF sebagai pakan ternak

Maggot bsf sebagai pakan ternak: Penyediaan pakan ternak yang berkualitas adalah salah satu faktor penentu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *