Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak Ruminansia

Pemanfaatan Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak Ruminansia

Upaya untuk meningktkan produktivitas tanaman kopi antara lain dilakukan dengan teknologi penyambungan  baik tag ent ataupun top ent yang memakai jenis varietas yang unggul dan baik, pemupukan dengan menggunakan kompos maupun pupuk kimia, dan pemeliaharaan yan benar.

Salah satu pemeliharaan tanaman kopi yang harus dilakukn yaitu pemangkasan, pemankasan terdiri dari pemangkasan bentuk, pemangkasan pemeliharan, pemangkasan peremajaan dan pemengkasan pohon pelindung. Sekarang ini petani hanya melakukan pemangkasan pemeliharaan yakni hanya melakukan pemangkasan terhadap tunas yang tidak dikehendaki (wiwilan). Selama ini hasil dari pemangkasan tersebut hanya dibiarkan di bawah pohon dan belum dimanfaatkan secara optimal. Sedangkan wiwilan kopi memiliki potensi sebagai pakan ternak.

daun kopi sebagai pakan ternak

Pada saat ini banyak peternak yang masih mengalami kesulitan dalm mencari rumput untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok ternak yang dipeliharanya, peternak mesti mencari rumput di pinggir pinggir kebun, dipingir jalan dan bahkan harus mencari rumput keluar desa. Daun kopi adalah salah satu alternative sebagai pakan tambahan sehingga mengurangi konsumsi rumput.

Alternative ini sangat sesuai jika dipakai pada saat musim kemarau, dimana  ketersedian rumput terbatas. Dari hasil uji laboratorium balai ternak bogor tahun 2005, kandungan nutrisi dari daun kopi segar dan disilase yaitu:

Paramater Daun Segar Silase Daun
Protein Kasar (PK) 23,87 % 17,03 %
Serat Kasar (SK) 25,62 % 26,40%
Lemak Kasar (LK) 1,97 % 3,26 %

Manfaat Penggunaan Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak

  • Efiensi Tenaga Kerja
  • Pakan alternative pengganti hijauan
  • Efiensi limbah perkebunan

Potensi Daun Kopi

Daun kopi mempunyai potensi yang cukup besar sebagai pakan ternak. Jika dibandingkan dengan kandungan nutrisi rumput gajah yang hanya dari 8-10%. Maka daun kopi sangat berpotensi dipakai untuk pakan ternak. Kandungan daun kopi segar hampir setara dengan kandungan nutrisi dari lugiminosa seperti daun gamal, yang mempunyai kandungan protein kasar yakni 23%.

Cara Memperlakukan Terhadap Daun Kopi

Duan kopi segar sebelum diberikan kepada ternak sebaiknya dilakukan pelayuan terlebih dahulu.  Hal ini dilakukan untuk mengurangi zat anti nutrisi yaitu adanya kandungan kafein dan bau langu yang bisa mengakibatkan ternak kurang menyukai dun kopi tersebut. Sedangkan untuk silase daun kopi sebaiknya diangin-anginkan sebentar sebelum diberikan kepada ternak. Daun kopi segar sebaiknya dicacah bisa memakai parang, pisau atau mesin chopper.

Cara Pemberian Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak

Untuk melatih agar ternak terbiasa dengan kopi sebaiknya daun kopi segar maupun yang sudag disilase diberikan dengan cara ternka dipuasakan terlebih dahul agar ternak mau mengkonsumsi daun  kopi dalam kondisi lapar dan diberikan secara rutin sampai ternak terbiasa mengkonsumsi  daun kopi,

About admin

Check Also

maggot bsf sebagai pakan ternak

Maggot BSF sebagai pakan ternak

Maggot bsf sebagai pakan ternak: Penyediaan pakan ternak yang berkualitas adalah salah satu faktor penentu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *