Ciri Kambing PE Mandul

Ciri Kambing PE Mandul

Banyak peternak yang awam umumnya tidak mengenal atau cara mengetahui cirri kambing pe mandul. Berikut ini adalah artikel untuk mengetahui sedikit cara mengetahui  kambing Peranakan Etawa (PE) yang mandul (majer).

  1. Ciri Kambing PE Mandul, Untuk Kambing Jantang

Kambing PE jantan suadah mulai birahi pada usiasekitar  6 – 8 bulan. Pada umur tersebut seekor kambing PE jantan biasanya sudah dapat birahi yang dicirikan kaki depan yang berwarna coklat-kuning-kotor. Jika pada usai tersebut keatas kaki depan kambing etawa jantan terlihat bersih, maka bisa jadi kambing PE jantan tersebut mandul.

Ciri Kambing PE Mandul

Langkah pertama untuk memilih seekor kambing PE jantan yang normalyaitu  mengetahui usia pejantan tersebut. Jika kambing PE pejantan tersebut telah rampas giginya atau mulai poel satu (sekitar 1 – 1.5 tahun) maka kambing PE pejantan tersebut harusnya sudah birahi. Jika kaki pejantan PE tersebut berwarna coklat-kuning-kotor maka hampir bisa dipastikan kambing tersebut tidak mandul.

  1. Ciri Kambing PE Mandul: Untuk Indukan Kambing PE Mandul

Kambing PE betina sudah birahi pada usia 6 bulan. Pada usia tersebut agak sulit untuk menentukan secara fisik apakah seekor kambing etawa betina mandul atau tidak.

Kambing PE betina yang mandul bisa dinilai jika sudah agak tua yakni poel dua keatas (1,5 tahun keatas). Pada usia ini kambing PE betina sudah pernah beranak 1 kali. Logikanya jika kambing pernah beranak maka ukuran ambing kambing tersebut sudah berubah bentuk. Ukuran ambing sudah lebih besar daripada ukuran kambing etawa betina dara (calon indukan). Jika dijumpai kambing etawa betina yang sudah tua, poel dua keatas, jembrak belakang lebat namun ukuran ambing masih kecil seperti dara maka hampir bisa dipastikan kambing tersebut mandul. Ada kalanya ambing jenis tersebut dapat diperah mengeluarkan sedikit cairan seperti susu berwarna bening. tetapi hendaknya peternak waspada dan tidak tertipu dengan jenis kambing etawa betina seperti ini.

Ada baiknya peternak membeli pejantan dan indukan kambing etawa dari peternak lain yang terpercaya. Disarankan peternak datang langsung ke peternakan untuk melihat dan mengamati langsung kambing etawa yang akan dibeli. Peternak dapat juga menanyakan langsung ke pemilik kambing untuk mengetahui umur dan riwayat dari kambing tersebut. Menggunakan pengetahuan diatas maka peternak sedikitnya memiliki modal untuk mengetahui kambing etawa mana yang mandul (majer) atau tidak.

source:etawajaya.com

About admin

Check Also

penyakit kejang pada kambing

Penyakit Kejang Pada Kambing

Penyakit Kejang Pada Kambing atau Kejang Rumput (Grass Titani) Penyakit kejang pada kambing (kejang rumput …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *