Ciri Itik Bali | peternakankita.com

Ciri Itik Bali: Itik Bali mempunyai cirri khas berupa jambul di kepala. Sesuai namanya, itik ini banyak terdapat dan berkembang biak di pulau bali dan Lombok. Selain itu, terdapat juga di Nusa Tenggara Barat (NTB). Itik Bali merupakan itik yang dapat dipelihara dan dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia karena mempunyai daya tahan hidup yang sangat tinggi.

Itik Bali mirip itik tegal denganleher lebih pendek dan tubuh bagian belakangnya sempit.  Postur tubuhnya langsing dan hampir berdiri tegak, sehingga mirip penguin. Terdapat beberapa jenis corak bulu pada Itik Bali, yaitu selam gulai seperti gula aren(berwarna hitam), corak bulu itik semani ini adalah hitam polos, dan corak ii umbian merupakan kombinasi warna hitam dan putih atau berwarna coklat seperti jerami. Selain itu, ada itik jenis gelaang kalung yang memiliki cirri khas di bagian lehernya berupa corak bewarna puth atau hitam seperti kalung.

Ciri itik bali

Produktivitas itik yang bobot dewasa jantannya sekitar 2 Kg dan bobot betinanya sekitar 1,8 Kg tidak setinggi itik petelur lain. Sebagai contoh, produksi telur itik sumbian 190 butor per ekor per tahun. Itik ini mulai produktif pada umur 6—7 bulan dengan bobot telur berkisar 60 gram petelur.

About admin

Check Also

Gurihnya Beternak Bebek Dengan SOC HCS

Gurihnya Beternak Bebek Dengan SOC HCS

Gurihnya Beternak Bebek Dengan SOC HCS:Bebek merupakan hewan penurut, bhkan meraka bisa beris, eemm. Bebek …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *