Ciri-Ciri Itik Serati

Itik serati adalah itik yang merupakan hasil perkawinan anatar entog jantan dengan dengan itik betina.

Keungtungan Memeliharanya Itik Serati

  • Mempunyai produkttifitas lebih tinggi.
  • Mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat
  • Mempunyai kadar lemak rendah.
  • Mempunyai kadar protein tinggi.

Seluk Beluk Ciri Itik Serati

Itik ini merupakan hasil perkawinan silang antara Entog Jantan dengan Itik Betina untuk menghasilkan itik pedaging yang berkualitas tinggi. Itik Serati untuk pedaging sudah diproduksi secara komersial di beberapa Negara asia, akan tetapi di Indonesia itik tersebut belum berkembang secara komersial.

itik serati

Akhir akhir ini perkembangan itik pedaging di Indonesia semakin meningkat semenjak peternak menggemukkan itik jantan sebagai itik pedaging  dan kemudian menjualnya dengan harga yang bagus. Saat ini banyak restoran di beberapa kota menyediakan daging itik yang sudah dimasak dengan memakai berbagai macam bumbu.

Penampilan Ciri Itik Serati Dari Umur 1-8 Minggu

Umur Konsumsi Pakan Komulatif Pertambahan Bobot Badan Komulatif FCR
(Minggu) (gram/ekor) (Gram/ekor) Komulatif
2 616 263 2.34
4 1981 745 2.66
6 3878 1384 2.88
8 5871 1783 3.29
Itik Jantan Umur  9 Minggu 5327 1259 4.29
(sebagai pembanding)

Di Kalimantan, itik afkir dimasak dan dijual sebagai itik panggang, di Jawa orang makan itik goreng dan di Bali dikenal dengan nama masakan “betutu”  yaitu masakan itik  dengan bumbu  ditaburi dengan jeruk limau dan dipanggang.

Sistem Reproduksi

Itik serati yang ada di masyarakat pedesaan merupakan kawin silang antara itik jantan dengan entog betina yang kawin secara alami. Entog betina menghasilkan telur lebih sedikit daripada itik biasa. Oleh karena itu, kawin silang antara Entog jantan dengan itik biasa dengan menggunakan program Inseminasi Buatan (IB) akan menghasilkan produksi itik serati lebih banyak disbanding kawin alami  yang terjadi di pedesaan.

Akan tetapi, persilangan antara entok dan itik mempunyai kendala yaitu rendhnya fertilisasi telur. IB merupakan salah satu teknologi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan fertilitas dan daya tetes telur. Kawin silang antara entog dan itik tersebut akan menghasilkan keturunan yang mandul

Penampilan Ciri Itik Serati

Itik ini tumbuh lebih cepat dibanding dengan itik jantan yang digemukkan. Itik serati pada usia delapan (8) minggu mencapai bobot badan 1.8 kg sedangkan itik jantan yang digemukkan hannya 1,3 kg atau dengan kata lain itik serati tumbuh ½  kg lebih cepat dibanding itik jantan yang digemukkan.

Begitupula pemakaian pakan itik serati jauh lebih baik dibanding dengan itik jantan yang digemukkan. Itik serati hanya memerlukan 3,29kg pakan untuk menghasilkan 1 kg bobot badan dibandingkan dengan itik jantan yang digemukkan memerlukan pakan sebanyak  4,24 kg. Hasil penelitian mengenai itik serati menunjukkan bahwa daging dan dadanya lebih banyak dibandingkan  dengandaging itik biasa. Begitu pula itik daging itik serati dilaporkan tidak amis.

About admin

Check Also

azolla sebagai pakan ternak

Azolla Sebagai Pakan Ternak

Azolla sebagai pakan ternak: Azolla merupakan tanaman paku yang mengambang di permukaan air dengan struktur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *