Cara Pembuatan Pupuk Kandang Dengan Stardec

Cara Pembuatan Pupuk Kandang Dengan Stardec

Activator stardec berisi mikroba pengurai yang didapatkan dari isolasi tanah lembap di hutan, akar rerumputan, dan kolon sapi.

Bahan yang diperlukan untuk Pembuatan Pupuk Kandang Dengan Activator Stardec.

Cara pembuatan Pupuk Kandang Dengan Stardec

-1 Ton kotoran sapi

-100 kg serbuk gergaji

-2,5 activator stardec

-20 kg kalsit

-100 kg arang sekam

Cara Pembuatan Pupuk Kandang dengan Stardec

Pembuatan pupuk kandang dengan pemakaian dilakukan di dalam bangunan berukuran panjang 6 m. lebar 2 m, dan dinding setinggi 50 cm. Bangunan tersebut dibagi menjadi tiga ruang karena proses pembuatannya berlangsung tiga tahap. Salah satu sisi bawah tembok diberi lubang perembesan air, sedangkan di sisi lain dipasang cerobong untuk pemasukan udara. Teknik pembuatannya sebagai berikut:

-Tahap pertama, endapkan kotoran sapi di ruag pertama untuk memperoleh kotoran yang padat serta tidak bercampur air dan urine. Pengendapan dilakukan selama empat hari. Kotoran sapi yang sudah diendapkan selanjutnya dicampur dengan serbuk gergaji dan stardec secara merata.

-Tahap ke kedua, tumpukkan di rang pertama dibalik, lalu dipindahkan ke ruang kedua. Di ruang kedua ini campuran tersebut ditambahkan arang sekam dan kalsit. Diamkan campuran tersebut selama tiga minggu. Setiap seminggu sekali tumpukan dibalik agar oksigen bertambah dan suhu dipertahankan 60 -70 derajat celcius.

-Tahanp ketiga, tumpukan dalam ruang kedua dibalik balik dan dipindahkan ke ruang ketiga selama seminggu. Pada tahap ini, terjadi penurunan suhu, nutrisi stabil. Bentuk jadi remah, dan warna menjadi kecoklatan. Selanjutnya, pupuk kandang yang siap digunakan ini disaring agar pasir diperoleh pupuk kandang yang homogeny, tidak bercampur dengan bahan lain.

About admin

Check Also

Selamatkan Sapi Betina Produktif

Selamatkan Sapi Betina Produktif

Selamatkan Sapi Betina Produktif Sejak dua dekade terakhir ini, Indonesia mengimpor daging dan sapi bakalan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *