Cara Murah Beternak Kambing Dan Domba

Cara Murah Beternak Kambing Dan Domba :

Belajar Beternak Dari Pengalaman Peternak Lain

Anda kemungkinan besar sudah mengetahui bahwa domba-kambing (dombing), unta, sapi, dan kerbau adalah jenis ternak ruminansia yg butuh serat kasar ketika mengkonsumsi pakan.

Di mana serat kasar berada? Yup, di hijauan pakan ternak=> rerumputan (graminae), dedaunan, dan leguminosa (jenis kacang).

Peternak dg skala usaha kecil (bertahun2 hy pelihara <5 ekor) umumnya mencari hijauan ke sana kemari yg disediakan di alam.

Coba bayangkan. Berpetualang 3-5 jam di hutan, persawahan, pinggir jalan, pematang sawah dan masuk ke kebun orang hanya dapat 25-35 kg saja. Udah rugi waktu dan tenaga kadang harus bertemu dg ular yg menjijikkan dan kena omelan tetangga. Anda ngga mau terus begitu kan?

Agar usaha menguntungkan secara ekonomi, skala usaha dombing ya wajib ditingkatkan. Idealnya suami-istri pelihara dombing 200-300 ekor. (Jika ribet perlu tambah 1-2 org anak kandang juga boleh 🙂 )

Jika dombingnya tambah banyak, yakin mo tetap cari hijauan di alam??

Saya doakan Anda jadi juragan dombing. Jika dombing sudah ratusan ekor, Rumput BB (brachiaria brizantha) seperti yg saya tanam dan ada di belakang saya (seperti di photo) bisa Anda jadikan solusi.

Rumput ini sangat mudah bertumbuh dan berkembang. Cara tanamnya pun sangat mudah. Bisa stek bisa juga pols (sobekan batang dan akar).

Bibit rumput BB kali pertama saya dapatkan dr Padang Mengatas. Saya hy membuat lubang dg cangkul dan meletakkan stek bibit BB dan menimbunnya dg tanah. Habis itu saya siram. Kurang dari seminggu eh sudah tumbuh tunas.

Cara Murah Beternak Kambing

Oh iya, yg bikin saya suka dr rumput ini adalah selain bisa dijadikan rumput potongan dan dikeringkan menjadi hay (dan atau diolah menjadi rumput amoniasi dg menambah urea), rumput ini juga tahan injakan lho. Jadi cocok jika ditanam di padang gembalaan. Jangankan Diinjak dombing, diinjak-injak sapi dan kerbau pun tetap eksis rumputnya.

Ngga percaya?! Coba buktikan sendiri

Nah, kl anda punya kebun rumput BB yg ditumpangsari dg legum seperti gamal, indigofera, saga, dan lamtoro untuk memenuhi kebutuhan pakan dombing dan sapi dan kerbau, tentu keren. Cost pakan jadi murah meriah. Anda tahu kan kl biaya pakan menempati 60-70% dari biaya produksi? Kl cost produksi murah, tentu laba/margin usaha dan bisnis Anda pasti gurih. Mau???

Rumput BB kandungan PRotein kasar (PK) 11,55%. Jauh lebih tinggi daripada rumput Meksiko yg hy 6,82%

Artikel Cara Murah Beternak  Kambing Dan Domba (fb. Abdurrahman Arraushany)

About admin

Check Also

Pemanfaatan Rumput Ruzi Sebagai Pakan Ternak-1

Pemanfaatan Rumput Ruzi Sebagai Pakan Ternak

Pemanfaatan Rumput Ruzi Sebagai Pakan Ternak Rumput Brachiaria merupakan salah satu rumput padang penggembalaan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *