Cara Meningkatkan Nafsu Makan Itik

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Itik

Peternak itik petelur tentunya berharap itiknya makan dengan konsumsi sewajarnya saja karena jumlah pakan itik petelur berbanding lurus dengan biaya produksi telur. Hal ini sedikit berbeda dengan peternak itik pedaging dimana banyak peternak itik pedaging mengharapkan itiknya memiliki nafsu makan yang tinggi dengan harapan agar itiknya cepat memenuhi target bobot tubuhnya agar bisa cepat dijual. Untuk itulah maka peternak itik pedaging sering mencari cara bagaimana meningkatkan nafsu makan itiknya sekaligus meningkatkan bobot ternaknya secara cepat.

Sebelum membahas bagaimana meningkatkan nafsu makan itik ada baiknya kita bahas dulu berbagai sebab mengapa nafsu makan itik bisa menurun. Beberapa hal yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan itik pedaging adalah :

  • Penyakit Hampir semua serangan penyakit pada itik semisal berak kapur, berak darah , cacingan dan lain sebagainya menyebabkan penurunan atau bahkan hilangnya nafsu makan itik. Hal ini wajar karena tubuh itik yang terserang penyakit akan menjadi lemah dan kekurangan energi untuk bergerak mencari makan. Bila serangan penyakit itu juga menyerang persendian dan saluran pencernaan itik maka nafsu makan itik akan berhenti total yang berujung kematian itik.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Itik

  • Tingginya suhu Suhu kandang yang tinggi/panas akan direspon oleh tubuh itik untuk menormalkannya dengan cara mengibas-ngibaskan sayapnya dan megap-megap/panting dan minum lebih banyak dari seharusnya. Karena lambung itik terbatas dan banyaknya konsumsi air minum menyebabkan asupan pakan itik berkurang dari seharusnya. Sebaliknya bila udara dingin maka itik makan lebih banyak akibat tubuh itik membakar energi untuk menormalkan suhu tubuhnya dan harus mengganti energi yang hilang tersebut dengan makan yang lebih banyak.
  • Tingginya kadar amoniak Bau kandang yang menyengat akibat tingginya kadar amoniak dari kotoran itik dan sisa pakan selain menyebabkan itik rentan dari bahaya penyakit juga menyebabkan nafsu makan itik berkurang akibat tercemarnya udara kandang dan hilangnya aroma pakan. Selain dari bau yang menyengat kita dapat mengetahui tingginya kadar amonia secara sederhana dengan timbulnya rasa pedih pada mata dan hidung.
  • Stres Stres yang dialami itik akibat perpindahan kandang, perubahan jenis pakan, kandang terlalu padat, adanya ancaman dan lain sebagainya akan menyebabkan penurunan nafsu makan. Saat stres, itik butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan/kondisi barunya dan ini menekan sifat ingin makannya. Setelah proses adaptasi itu selesai maka nafsu makan itik biasanya akan kembali normal.
  • Pakan & Ketersediaan Air Faktor dari pakan itik yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan itik diantaranya adalah : pakan kadaluarsa/tidak segar, terlalu tinggi kadar EM dan proteinnya, pakan banyak mengandung garam/asin, perubahan drastis jenis pakan, warna dan aroma ransum tidak menarik dan lain sebagainya. Itik terbiasa mencari air setelah makan ( terutama pakan kering ) dan jika tidak tersedia cukup air minum maka tentu jumlah konsumsinya akan berkurang.

Jika kelima faktor diatas telah berhasil kita kontrol tetapi itik masih rendah nafsu makannya berarti itik harus kita berikan perlakuan khusus agar nafsu makannya meningkat. Beberapa perlakuan yang dapat meningkatkan nafsu makan itik diantaranya adalah :

  • Pemberian Vetsin/MSG Pemberian vetsin/MSG/penyedap rasa sebanyak 3 gram/kg pakan akan meningkatkan pertumbuhan unggas ( Riza 1992). Hal ini dikarenakan asam glutamat memberikan rasa lezat pada pakan sehingga itik mengkonsumsi lebih banyak pakan, dengan banyaknya konsumsi pakan maka nutrisi yang diterima lebih banyak dan bobot itik akan meningkat cepat. Selain itu asam glutamat juga berfungsi sebagai zat antara dalam reaksi interkonversi asam amino. Asam glutamat membantu proses sintesis asam amino non esensial yang akan bergabung dengan asam amino esensial yang masuk lewat pakan untuk membentuk protein tubuh sehingga meningkatkan pertambahan bobot badan (Anggorodi, 1995). Namun disarankan untuk tidak berlebihan dalam memberikan vetsin ini karena pemberian yang berlebihan akan mempengaruhi kinerja otak itik.
  • Pemberian Daun Pepaya Pemberian daun pepaya baik diberikan daunnya secara segar maupun diperas untuk diambil airnya terbukti meningkatkan nafsu makan itik. Hal ini dikarenakan salah satunya sebabnya daun pepaya mengandung Flavanoid yang bersifat antibakteri, antivirus, antijamur, antiradang, antioksidant, antitumor, memperbaiki daya tahan tubuh( imunostimulant) dan antinyeri (analgesik). Tidak adanya nyeri, radang, bakteri dan virus serta lainnya pada tubuh itik tentu akan membuat itik sehat dan nafsu makan itik meningkat. Dengan segudang manfaat tersebut apakah anda akan melewatkan pemberian daun pepaya untuk itik anda?
  • Pemberian Herbal Beberapa herbal yang memiliki manfaat menambah nafsu makan itik adalah kunyit, temulawak, temu ireng, bawang putih, brotowali, lempuyang dan dedaunan/buah yang memiliki rasa pahit. Buah/daun yang memiliki rasa pahit berguna untuk memproduksi enzim pencernaan, kaya akan vitamin dan merangsang kebutuhan akan gula/glukosa dan karbohidrat yang biasa terdapat pada pakan. Anda dapat membuat campuran bahan herbal ataupun menggunakannya secara individu (misal bawang putih dilolohkan) untuk meningkatkan nafsu makan itik.
  • Pemberian Probiotik/Synbiotic Probiotik dengan kandungan bakteri baiknya bekerja memperbaiki pencernaan unggas sehingga nafsu makan itik akan meningkat. Gabungan probiotik dengan karbihidrat/herbal atau biasa disebut juga Synbiotic juga meningkatkan nafsu makan itik akibat adanya penggabungan khasiat herbal dan probiotik dalam isinya.
  • Pemberian Pakan Basah/Mamel Dari bentuk paruhnya jelaslah bahwa itik lebih menyukai pakan basah/mamel ketimbang pakan kering, namun pemberian air pada pakan hendaklah tidak berlebihan atau cukup pakan memiliki kadar air tidak lebih dari 20% dari komposisi pakan. Pakan basah juga memiliki kelemahan yakni tidak ********** sehingga anda harus mengganti pakan setelah itik makan walaupun pakan belum habis. Jika itik diberi pakan basah maka nafsu makan itik akan bertambah bila dibandingkan dengan penyajian pakan kering.

Demikianlah beberapa trik untuk meningkatkan nafsu makan itik pedaging..semoga bermanfaat dan Salam wek wek..

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Itik Oleh : Gandi Margono

About admin

Check Also

bungkil biji kapuk

Bungkil Biji Kapuk Sebagai Pakan Ternak Unggas

Bungkil Biji Kapuk Tanaman kapuk yang terdapat kapuk di Indonesia sebenarnya termasuk jenis komersial yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *