Cara Mengobati Penyakit Jembrana Pada Sapi Bali

Cara Mengobati Penyakit Jembrana Pada Sapi Bali

Kita bisa menemukan banyak pola cara mengobati penyakit jembrana pada sapi bali yang sebenarnya ditemukan oleh para peternak sendiri. Cara mengobati akan berbeda-beda dan tergantung dari kondisi sapi nya, seperti ini :

1. Infeksi Awal Pada Sapi (1-5 hari infeksi awal)

Umumnya ditemukan pada sapi-sapi bali yg masih sehat di lokasi wabah (mulai ada kematian/sapi sakit jembrana). Sapi ini kelihatannya sehat namun sebenarnya sudah mulai terinfeksi dan baru kelihatan sakit pada hari ke-5. Yang harus kita lakukan yaitu  meningkatkan system kekebalan tubuh sapi dengan cara memberikan jamu campuran.

Yang terbuat dari bahan bahan temulawak 2 jari,  asam jawa 2 jari , dan ditambah  gula jawa 500 gr, kemudian diparut, selanjutnya diperas dan kemudain diberikan dan diminumkan ke sapi  setiap hari. Jika penyebaran penyakit jembrana lewat nyamuk atau caplak penghisap darah bisa dengan menyemprotkan insektisida kebun dencis ke badan sapi agar tidak digigit nyamuk atau caplak saat sapi balik ke kandang.

2. Pada Saat Sapi Sakit (hari 5-10)
Gejala awal yaitu:

  • Sapi gelisah
  • Bengkak di rahang bawah pangkal paha, & pangkal kaki depan,
  • Demam tinggi – kelihatan saat sapi berendam terus dan selalu haus.

penyakit jembarana pada sapi bali

Cara mengobatinya adalah dengan memberikan jamu campuran setiap hari dan  memberikan minum cairan elektrolit (air 1 liter,  garam 1 sendok , dan  gula 8 sendok)  setiap hari, dan memberikan bodrex sebanyak 2,5 tablet setiap 6 (enam) jam untuk menurunkan panas. Tujuan nya yaitu untuk membantu sapi agar tidak kena dehidrasi atau kekurangan cairan dan menaikan stamina sapi. Jika sapi di kandang bersama dengan sapi sakit.  Di bekas kotoran atau urine sapi d disemprot campuran bayclin 1 ditambah  air 4 liter, untuk ******** virus jembrana di bekas kotoran atauliur sapi di kandang agar tidak menulari sapi lain.

3. Pada Saat Saat Sapi Sakit Parah(hari 10-12)
Sapi sudah ambruk, air liur sudah keluar, badan sangat panas, bagian bawah rahang , pangkal paha dan pangkal kaki depan semakin bengkak. Cara mengobatinya sama seperti diatas yaitu pemberian jamu setiap hari, minum cairan elektrolit,  bodrex 2,5 tablet per 6 jam utk menurunkan panas, diusahakan sapi harus makan  dan diberi makanan lunak. Titik kritis buat sapi yang sakit parah ini yaitu saat keluar diare berdarah, karena biasanya 3-7 jam sesudah keluar diare berdarah maka sapi akan mati. Jadi saat sapi sudah mulai keluar diare berdarah sapi harus secepatnya disembelih paksa jika tidak akan mati sebagai bangkai.

Semua cara pengobatan diatas tersebut kelihatan seperti sangat merepotkan, namun cara mengobati penyakit jembrana pada sapi bali tersebut sudah dilakukan oleh banyak peternak di berhasil menyelamatkan sapi bali mereka dari wabah Jembrana dengan penanganan yg telaten. Terima kasih, semoga bermanfaat.

source:fb

About admin

Check Also

maggot bsf sebagai pakan ternak

Maggot BSF sebagai pakan ternak

Maggot bsf sebagai pakan ternak: Penyediaan pakan ternak yang berkualitas adalah salah satu faktor penentu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *