Cara mengetahui umur kambing

Mengetahui umur kambing merupakan faktor yang sangat penting karena berkaitan dengan program pemeliharaan kambing, seperti pemilihaan calon induk atau pemilihan bakalan yang akan digemukkan. Kambing yang berumur di bawah sembilan bulan akan mempunyai pertumbuhan yang pesat. Semakin tua, pertumbuhan kambing semakin lambat. Pada umur 18-20 bulan pertumbuhan kambing biasanya relatif berhenti, tidak bertambah besar lagi.

cara mengetahui umur kambingBesar kecilnya badan kambing, dan ada tidaknya tanduk, tidak dapat dipakai sebagai patokan umur. Hal itu karena ukuran badan lebih dipengaruhi oleh jenis, dan cara pemeliharannya. Cara yang paling akurat untuk menentukan umur seekor kambing adalah dengan melihat kartu catatan produksi atau regristrasi kambing yang bersangkutan. Di luar negeri, cara ini sudah biasa dilakukan. Namun di Indonesia, kambing tidak memiliki catatan sama sekali.  Cara lain mengetahui umur kambing adalah dengan melihat kondisi giginya. Cara ini tidak bisa menentukan umur kambing secara pasti, karena hanya berdasarkan perkiraan.

Gigi seri kambing hanya terdapat pada rahang bawah sebanyak delapan buah(empat pasang). Gigi seri ini sudah keluar lengkap sejak dilahirkan.  Gigi seri yang sejak lahir belum berganti dinamakan gigi seri susu, sedangkan gigi seri yang telah tanggal akan tumbuh lagi. Gigi seri baru ini dinamakan gigi seri tetap.

No Usia Kondisi Gigi Seri
1 < 1 tahun Gigi seri susu sudah tumbuh semua
2 1 – 2 tahun 2 gigi seri susu sudah berganti tetap
3 2 – 3 tahun 4 gigi seri susu sudah berganti tetap
4 3 – 4 tahun 6 gigi seri susu sudah berganti tetap
5 4 – 5 tahun 8 gigi seri susu sudah berganti tetap
6 > 5 Gigi seri tetap sudah mengalami keausan atau mulai tanggal

 Pergantian dan pertumbuhan gigi seri kambing sangat teratur waktunya. Gigi seri menggantikan gigi seri susu dengan bentuk yang lebih besar, kuat, dan warnanya lebih kekuningan. Berdasarkan pergantian dan pertumbuhan gigi seri, umur kambing bisa ditentukan. Penentuan umur kambing kurang dari satu tahun dengan memeriksa dengan memeriksa pertumbuhan gigi gerahamnnya. Anak kambing yang baru lahir, mempunyai 2-8 buah gigi seri, dan umur sembilan bulan gigi geraham nomor lima tumbuh.

Apabila ada pertanyaan, bagaimana mengidentifaksi kambing yang berumur 2-2,5 tahun dan 3-3,5 tahun? untuk menjawabnya perlu dilihat seberapa banyak terasahnya gigi seri yang terakhir berganti. Gigi seri pasangan kedua yang masih baru menandakan kambing berumur 1,5-2 tahun. Jika gigi seri pasangan kedua tersebut sudah terasah banyak dan gigi seri susu pasangan ketiga belum tanggal. Hal itu menandakan kambing  berumur 2-2,5 tahun. Bila gigi seri susu ketiga telah terasah banyak dan gigi seri  susu keempat belum tanggal, menandakan kambing berumur 3-3,5 tahun.

Bagi peternak yang memelihara kambing etawa, mengetahui sangat menguntungkan bagi usaha peternakan kambing, karena kita tahu kapan kambing etawa tersebut berproduktif. misalnya kambing etawa jantan atau betina, masa produktifnya yaitu pada usia dibawah tiga tahun. Sehingga kita bisa memilih calon bibit unggul untuk dikembangbiakkan lagi. dan untuk contoh lainnya yaitu kita kita memilih calon anak kambing (cempe) untuk dipelihara kembali baik sebagai penjantan, indukan penghasil susu, dan kita dengan ada ilmu cara mengetahui umur kambing kami, cempe yang kita pilih tentunya yang dibawah satu tahun.

Dan jika kambing etawa kita kontes, usia kambing telah menjadi dasar tersendiri untuk menentukan kualitas kambing etawa saat bertanding. Ilmu tentang cara mengetahui umur kambing sangat berguna juga bagi kita, bukan hanya peternak, misalnya ketika kita akan berkurban, tentunya kita kita tidak asal percaya bukan pada penjualnya yang ada dipinggir jalan? tentang umur kambing. Ketika usianya tidak memnuhi syarat, tentunya tidak sah kurban kita.

About admin

Check Also

Cara Murah Beternak Kambing

Cara Murah Beternak Kambing Dan Domba

Cara Murah Beternak Kambing Dan Domba : Belajar Beternak Dari Pengalaman Peternak Lain Anda kemungkinan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *