Cara Memberi Pakan Domba

Cara Memberi Pakan Domba:

Cara memberi pakan domba ternak domba atau biri-biri jika  ditinjau dari segi gizi adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan, reproduksi, dan kesehatan ternak. Pemberian pakan yang baik yaitu sesuai dengan kebutuhan ngizi ternak dan jumlahnya disesuaikan dengan status fisiologis ternaknya. Nutrisi atua gizi tersebut bisa dikelompokkan menjadi energi, protein, mineral, vitamin, dan air.Sumber energi terbesar untuk ternak domba adalah hijauan dan biji bijian serta hasil ikutannya. Sumber protein antara lain sebagai berikut:

Protein Mineral
Pakan Penguat: Garam
Tepung Ikan Mineral Mix
Bungkil Kedelai
Bungkil Kelapa
Bungkil Kacang Tanah
Leguminosa:
Daun Turi
Lamtoro
Kaliandra
Glyricidia

 Vitamin yang diperlukan untuk ternakumumnya tersedia cukup dalam campuran bahan pakan. Untuk kebutuhan air, agar setiap ternak bisa minum, sebaiknya di dalam kandang disediakan air bersih sepanjang waktu.

Domba adalah ternak yang membutuhkan bahan pakan berupa hijauan dalam jumlah besar, yaitu sekitar 90%. Pakan penguata (konsentrat) hanya sebagai pakan tambahan saja.

cara memberi pakan domba

Pakan hijauan bisa disediakan dengan cara mencari di alam atau bisa pula dibudidayakan. Penanaman bisa dilakukan di lahan yang tidak dimanfaatkan untuk tanaman pertanian, seperti galengan atau pematang sawah pinggir jalan, tanah desa, di lereng atau bahkan bisa ditanam sebagai pagar hidup, dan di area tanam sebagai monokultur.

Berbagai macam jenis pakan hijauan yaitu rumput (rumput alam, rumput gajah, setaria, rumput benggala, rumput raja, dan lain-lain). Selain itu hijauan lain yaitu leguminosa (daun lamtoro, turi, glyricidia, kaliandra, dan lain-lain). Hijauan yang berasal dari sisa hasil panen seperti daun ubi, daun nangka, jerami kacang tanah, jerami kacang kedelai, jerami jagung, dan daun pisang juga bisa dipakai sebagai pakan ternak. Pemberian pakan hijauan perlu diperhatikanimbangan antara rumput dan daun leguminosa dikaitkan dengan kondisi fisiologis ternak.

Konsentrat atau pakan penguat terdiri dari biji-bijian yang digiling halus, seperti jagung, bungkil kelapa, bungkil kedelai, dedak, dan bekatul. Contoh pencampuran hijauan pakan dan susunan konsentrat disajikan pada dibawah ini.

Campuran Hijauan Pakan Domba untuk KondisiPedesaan

NO Status Ternak Rumput Hijauan Kacang-Kacangan
1 Sedang Tumbuh 60 40
2 Betina Dewasa 75 25
3 Betina Bunting 60 40
4 Betina Menyesui 50 50
5 Pejantan Pemance 75 25

Susunan Konsentrat Ternak Domba untuk Tujuan Komersial

NO Jenis Bahan %
I II III IV V
1 Jagung Giling 42 62,5 52 40
2 Bungkil Kedelai 25 15 12,5 7,5
3 Dedak Halus 30 20 22,5 50
4 Tepung Tulang 1,5 1,5 1,5 1,5
5 Ampas Tahu Kering 98,5
6 Jumlah Pemberian Per Ekor 200-250 300-400 350 200-250 250

Keterangan:
Rumput/hijauan diberikan secara bebas
I : Untuk domba yang sedang bertumbuh
II dan III : Untuk domba penggemuk an
IV : Untuk domba bunting/menyusui
V : Untuk pejantan pemacek/aduan

Cara memberi pakan domba bisa dilakukan dengan cara digembalakan dan disediakan. Memberi pakan dengan cara digembalakan dilakukan dengan melepas ternak untuk mencari pakan sendiri di padang penggembalaan selama 6-8 jam sehari. Penggembalaan dilakukan setelah hijauan bebas dari embun dan sore hari sekitar pukul 15.00. Pakan untuk ternak yang dipelihara terus menerus dalam kandang diberikan dengan cara disediakan. Pakan yang diberikan terdiri dari hijauan, pakan penguat, dan garam atau feed supplement. Jumlah pakan hijauan yang diberikan pada domba dewasa rata-rata 10% dari berat badan atau 4,5-5kg/ekor/hari yang disajikan sedikit demi sedikit 2-3 kali sehari.

Bahan pakan berupa hijauan juga bisa diawetkan pada saat hijauan melimpah seperti dibuat silase atau hay. Pengawetan hijauan adalah salah satu cara efisiensi pakan yaitu penyimpanan pakan yang berlimpah di saat musim hujan untuk dapat digunakan di musim kemarau pada saat produksi hijauan biasanya menurun.

Jika Artikel Cara memberi pakan domba bermanfaat, mohon dishare ya!. Terima Kasih

About admin

Check Also

ciri ciri domba garut jantan

Ciri Ciri Domba Garut-Domba Priayangan Asli Jawa Barat

Ciri Domba Garut: Domba Priayangan Asli Jawa Barat SPESIFIKASI TERNAK DOMBA GARUT Ciri domba garut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *